Menu 

Keperawatan Unissula Jalin Kerja Sama Dengan Universitas Philipina

Monday, February 6th, 2012 | Dilihat : 376 kali

Langkah  untuk mendorong Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula go internasional semakin  konkrit. Hal itu diimplementasikan melalui kerjasama antara FIK Unissula dengan University of the Philippines (UP Manila) yang ditandatangani oleh rektor Unissula Prof Laode M Kamaluddin dengan Chancellor UP Manila, Manuel B Agulto MD di Manila (25/1). Penandatanganan ini juga disaksikan oleh dekan FIK Unissula  Retno Setyowati, M Kep,  SpKMB dan Wakil Dekan II Rr Catur Leny Wulandari SSiT.

Perjanjian tersebut meliputi Tiga bidang utama. Pertama, kedua belah pihak setuju untuk saling tukar menukar dosen, kerja sama penelitian terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan Pertukaran mahasiswa.

Kedua, kedua belah pihak sepakat untuk saling tukar menukar buku dan artikel yang dihasilkan oleh masing masing dosen Fakultas Keperawatan termasuk saling mengundang dalam seminar yang dilakukan.

Ketiga, melakukan riset bersama  baik itu dilakukan di Unissula, Semarang atau UP-Manila. Dengan ditandatanganinya kerja sama tersebut maka Unissula adalah Universitas swasta pertama di Indonesia yang melakukan kerja sama dengan cakupan yang lebih luas di bidang keperawatan. Biasanya mahasiswa keperwatan baik dari universitas negeri dan swasta di Indonesia yang dikirim ke UP Manila untuk melanjutkan studi S2dan S3.

Rektor Unissula Prof Laode M Kamaluddin menyatakan ketiga bidang kerjasama tersebut sangat bagus untuk diimplementasikan karena mencakup peningkatan sumber daya manusia tidak hanya bagi dosen tapi juga mahasiswa.

Sementara itu Dekan FIK Unissula Retno Setyowati mengungkapan kerjasama dengan UP Manila sangat penting mengingat universitas di Piliphina pada tingkat global dikenal sebagai pengkader perawat yang berkualitas dan profesional di bidangnya. Kerjasama tersebut diharapkan akan menjadi mitra yang sepadan dalam usaha meningkatkan kualitas alumni FIK Unissula serta peningkatan kualitas Staf Dosen dengan berbagai pengalaman yang diperoleh selama proses kerjasama baik pertukaran dosen maupun pengalaman joint research yang dilakukan. Masih menurut Retno Setyowati, bagi FIK Unissula kerjasama ini juga sangat strategis dalam upaya percepatan menuju fakultas berkelas dunia.

Related News