Menu 

Selamat, Jurnal Hukum Unissula Terindeks Scopus Q1

Sunday, April 14th, 2024 | Dilihat : 62 kali

IMG-20240414-WA0000

Di usianya yang ke 39 tahun Jurnal Hukum Unissula berhasil meraih prestasi luar biasa dengan berhasil masuk Kwartil Q1 Scopus Indeks. Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH mengapresiasi capaian itu dan berharap bisa diikuti oleh jurnal jurnal ilmiah yang dikelola 12 fakultas lainnya di Unissula. “Alahmdulillah kami sangat bersyukur atas capaian ini. Tak lupa kami mengucapkan selamat dan turut berbahagia. Semoga prestasi tersebut juga bisa diikuti oleh jurnal jurnal ilmiah yang dikelola oleh 12 fakultas lainnya di Unissula. Tentunya ini bukan suatu hal yang mudah tetapi dengan kerja keras dan pertolongan Allah SWT semuanya menjadi bisa diraih,” ungkapnya (13/4/2024).  

Lebih jauh ia mengatakan bahwa di era persaingan global ini semua punya peluang untuk menjadi unggul dan tantangannya adalah kemampuan dan kemauan untuk menampilkan mutu terbaik. “Keunggulan sebuah universitas dapat dilihat dari berbagai segi. Salah satunya keunggulan riset yang diakui masyarakat akademis internasional melalui publikasi internasional. Dengan memiliki jurnal ilmiah yang bereputasi internasional maka akan semakin memperkuat program internasionalisasi menuju world class university. Keunggulan lainnya dalam tenaga pengajar (profesor) yang berkualifikasi tinggi dalam bidangnya. Dalam hal ini Unissula menargetkan memiliki 100 profesor pada tahun 2027 mendatang,” pungkas Prof Gunarto. 

Sementara itu dekan Fakultas Hukum Unissula Dr Jawade Hafidz SH MH menyampaikan bahwa prestasi tersebut harus bisa dijadikan motivasi oleh para pengelola untuk senantiasa menjaga dan bahkan meningkatkan mutu jurnal tersebut. “Kami mengucapkan terimakasih kepada tim yang telah bekerja luar biasa semoga capaian yang sudah sangat bagus ini bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan karena Jurnal Hukum Unissula saat ini sudah berada di level jurnal ilmiah elit dunia,” ungkapnya. 

Sementara itu managing editor Jurnal Hukum Unissula Dr Andri Winjaya Laksana menyampaikan bahwa pengelolaan sebuah jurnal ilmiah tidak selalu berjalan mulus namun ada dinamika dan pasang surutnya. 

“Dilihat dari jumlah volumenya Jurnal Hukum Unissula sampai saat ini menuju volume 39. Sehingga dapat dikatakan Jurnal Hukum Unissula usianya sudah berusia 39 tahun. Jurnal ini dulunya telah terakreditasi nasional tetapi pada periode 2007-2015 sempat off akreditasinya. Kemudian ketika Prof Gunarto menjabat dekan Fakultas Hukum jurnal tersebut kembali dihidupkan.  Pada bulan Juli tahun 2023 berhasil terideks Scopus dan pada hari ini (13/4/2024) Kwartil Q1 nya sudah terbit,” ungkapnya. 

Lebih jauh ia menjelaskan untuk indeks Q1 merupakan pencapaian luar biasa karena Q1 merupakan indeks Scopus dengan nilai tertinggi. Jurnal terindeks Q1 untuk universitas swasta baru Unissula. “Manfaatnya tentunya sangat banyak antara lain bisa digunakan untuk prasyarat pegajuan guru besar baik dosen dari internal Unissula maupun para dosen dari luar Unissula. SCImago Journal Rank (SJR) untuk pengajuan guru besar batas minimalnya 0,12. Adapun SJR Jurnal Hukum Unissula 0,22 sehingga sudah di atas batas minimal,” pungkasnya.  

SJR adalah pengukuran artikel ilmiah dengan  cara melihat sejauh mana dampak keilmuan yang diberikan oleh artikel ilmiah tersebut. Semakin luas dampak keilmuannya maka nilai SJR yang didapat semakin tinggi dan dinilai punya kredibilitas lebih tinggi juga.

Adapun pengelola Jurnal Hukum Unissula adalah: Editor in Chief Gunarto (Scopus ID 56362690100), Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia. Managing Editor Andri Winjaya Laksana, Fakultas Hukum Unissula, Indonesia.

Adapun Board of Editors yaitu Muhamad Mustaqim, (Scopus ID 57207244848), IAIN Kudus, Indonesia. Toseef Azid, (Scopus ID 6507829091), College of Business and Economics, Qassim University, Saudi Arabia. Ong Argo Victoria, (Scopus ID 56421868100) Universitas Islam Sultan Agung, ADA Chulalongkorn University Thailand And & International Islamic University Malaysia, Malaysia. Nur Yusanti Binti Ismon, (Scopus ID 57226690753), Ahmad Ibrahim Kuliyah of Law Intenational Islamic University, Malaysia.

Editor lainnya yakni Russel Ong, Taipe University (Taiwan). Rizki Adi Pinandito Shinta ID 6735789, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia. Ida Musofiana Sinta ID 6042969, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia. Rizal Bagus Prabowo, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia. Cahyaningtyas Pangestuti, Universitas Islam sultan Agung, Indonesia. Serta assistant of editor, Rizal Bagus Prabowo, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia. 

Jurnal tersebut fokus di bidang ilmu hukum. Utamanya pembahasan hukum wilayah Indonesia Asia yang unik dan jarang di bahas di negara-negara Eropa. 

Related News