Menu 

Ribuan Orang Shalat Idul Fitri di Masjid Ukhuwah Islamiyah, Azhar Combo Ajak Kuatkan Persaudaraan

Wednesday, April 10th, 2024 | Dilihat : 44 kali

IMG-20240410-WA0007

Ribuan umat muslim mengikuti shalat Idul Fitri 1445 H, yang berlangsung di Masjid Ukhuwah Islamiyah El Azhar, Jalan Tirto Agung, Banyumanik, Kota Semarang, Rabu (10/4/2024).

Bertindak sebagai khatib Drs H Ahmad Azhar Combo yang juga merupakan Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) yang juga Ketua Yayasan Al Azhar Semarang. Sedangkan bertindak sebagai imam, ustadz Agus Syaidah Sahid. Hadir Ketua Umum Pengurus YBWSA Dr Bambang Tri Bawono SH MH, Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH, Dekan Fakultas Hukum (FH) Unissula Dr Jawade Hafidz, Ketua Dikdasmen YBWSA Dr Turahmat SPd MPd, Bendahara YBWSA Sapto Hartono SE MM, Kepala UPT Pemasaran dan Kehumasan Dr Setiawan Widiyoko SH MKn dan sejumlah pejabat dan struktural di lingkungan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Dalam ceramahnya Azhar Combo memaparkan pentingnya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan cara meninggalkan larangan-larangannya dan menjalankan perintah serta sunahnya. ”Para jamaah shalat Idul Fitri mari kita bersama-sama mengucapkan syukur kehadirat Allah atas hadiah, berupa Idul Fitri karena kita telah mampu menahan hawa nafsu sebulan penuh. Jangan sampai, kita meninggal dalam keadaan tidak muslim,” jelasnya.

Selain itu, Azhar Combo juga mengajak umat Islam untuk selalu menjaga ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan sesama umat Islam. Menurutnya, ukhuwah adalah sesungguhnya keadaan dimana orang mukmin adalah saling bersaudara. ”Janganlah saling bercerai berai, namun saling bersaudara,” jelasnya.

Azhar Combo juga mengatakan, dalam Alquran, banyak ayat yang mengajarkan tentang ukhuwah. Diantaranya, bagaimana Allah memerintahkan orang-orang beriman janganlah saling mengolok-olok, karena yang diolok-olok bisa jadi lebih baik dari pada yang mengolok-olok. ”Jangan sampai kita saling diadu domba oleh kaum yang tidak suka. Perbedaan kecil digoreng dan dibesar-besarkan, sehingga menjadi masalah besar. Namun kita harus saling menghormati dan menyayangi,” jelasnya.

Menurutnya, mukmin satu dan yang lain harus saling menguatkan. Sebab, dalam salah satu hadis Rasulullah disebutkan, Kalian tidak akan masuk surga, jika tidak bisa saling menjaga antar kaum muslim.

”Umat Islam harus bersatu jangan saling menjatuhkan, mencari kelemahan, dan berprasangka buruk. Tapi harus saling membantu dan berbaik sangka,” jelasnya.

Masjid Ukhuwah Islamiyah El Azhar sendiri didirikan untuk memperkuat rasa ukhuwah atau persaudaraan antara sesama muslim khususnya di Kota Semarang. Pengurus masjidnyapun dari berbagai ormas Islam di Semarang.

Masjid Ukhuwah Islamiyah El Azhar Banyumanik Semarang dibangun di atas tanah milik H Azhar Combo yang diwakafkan kepada Yayasan Ukhuwah Islamiyah, dan didirikan pada Ramadhan tahun 2021. Selama ini masjid ini digunakan unyuk kegiatan tahsin shalat, pengajian dan lainnya.

Related News