Menu 

Sambutan Bpk Rektor Unissula Pada Pekan Taaruf 2023

Monday, September 4th, 2023 | Dilihat : 362 kali

prof gun

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

  • Yang terhormat Wakil Rektor I Bpk H. Andre Sugiyono, ST. MM. PhD
  • Yang kami hormati Wakil Rektor II Bpk Dedi Rusdi, SE, MSi, AKt, CA
  • Yang kami hormati Wakil Rektor III, Bpk H. Muhamad Qomaruddin, ST. MSc. PhD
  • Yang kami hormati Ibu dan Bapak Dekan serta Kaprodi di Lingkungan Unissula
  • Yang kami hormati Panitia Pekan Taaruf Mahasiswa Baru Unissula
  • Yang kami hormati Presiden BEM dan Ketua Senat Mahasiswa Unissula
  • Yang berbahagia dan kami banggakan Mahasiswa Mahasiswi baru Unissula tahun akademik 2023 -2024 yang datang dari seluruh wilayah Indonesia, datang dari Sabang sampai Merauke, datang dari pulau Miangas hingga pulau Rote. Sekali lagi kami ucapkan selamat datang di kampus Unissula.

Mahasiswa mahasiswi baru Unissula yang kami banggakan, menempuh pendidikan di perguruan tinggi merupakan sebuah kesempatan emas untuk mengembangkan diri agar menjadi manusia manusia yang lebih kompeten, menjadi manusia yang memiliki kemandirian dan keberanian untuk memperjuangkan nasib dan masa depan dirinya agar menjadi lebih baik, menjadi lebih terhormat dan bermartabat.

Agar proses pengembangan diri tersebut bisa menjadi lebih maksimal maka penting kiranya bagi mahasiswa  memilih perguruan tinggi terpercaya yang memiliki rekam jejak dan pretasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Syukur Alhamdulillah kalian semua telah membuat keputusan yang tepat memilih Unissula sebagai tempat perkuliahan. Karena Unissula memiliki banyak keunggulan.

Pertama, Unissula merupakan perguruan tinggi yang terakreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN PT). Demikian pula mayoritas prodi prodinya juga telah terakreditasi Unggul.

Saat ini Unissula juga telah terakreditasi internasional dari lembaga akreditasi dunia ASIC yang berbasis di Inggris dan terakreditasi Abest21 yang berbasis di Jepang.

Kedua, Unissula diakui unggul oleh lembaga pemeringkatan universitas kelas dunia:

  • Lembaga pemeringkatan pendidikan tinggi terpopuler di dunia yakni Webometrics yang berbasis di Spanyol menempatkan Unissula sebagai universitas swasta terbaik di Kota Semarang. Unissula juga menduduki peringkat ke 10 PTS terbaik di Indonesia dan menempati rangking ke 45 diantara PTN dan PTS dari kurang lebih  500 institusi pendidikan tinggi di Indonesia.
  • Times Higher Educations yang berbasis di Inggris menempatkan Unissula sebagai PTS terbaik di Jawa Tengah, PTS peringkat 12 nasional dan menempatkan Unissula sebagai perguruan tinggi peringkat ke 401 dunia.
  • Unirank yang berbasis di Australia menempatkan Unissula di peringkat 56 perguruan tinggi berbasis Islam di dunia.
  • Edurank yang berbasis di Amerika Serikat menempatkan Unissula sebagai kampus swasta terbaik di Semarang.
  • Demikian pula lembaga perankingan elit dunia lainnya yakni Scimago Instuitutions Ranking yang berbasis di Spanyol menempatkan Unissula sebagai universitas peringkat ke 10 nasional di tahun 2023 ini.

Oleh karena itu saudara harus selalu bangga dan percaya diri menjadi mahasiswa Unissula. Menjadi mahasiswa dari universitas yang kwalitasnya teruji dan terbukti di level nasional dan internasional.

Ketiga, mahasiswa  mahasiswa Unissula memiliki prestasi  yang membanggakan. Prestasi tersebut antara lain:

  • Mahasiswa FTI Juara umum kontes Robot International di kota Hartford, Amerika Serikat tahun 2016. Tim robotik mahasiswa Fakultas Teknologi Industri yang terdiri dari Faisal Aminudin, Laode M Idris dan Ahmad Zuhri berhasil mengalahkan kontestan dari Amerika, Israel, China, Jerman dan berbagai negara besar lainnya.
  • Mahasiswa FT Juara Umum Kontes Desain Jembatan Internasional di Nanyang Technological University Singapura tahun 2019. Mereka adalah Ardefian Piradifta, Fiko Prameswara, Brillyan Graha dan Asfa.
  • Mahasiswa Fakultas Hukum, Siti Aisyah Amini dipilih oleh PBB menjadi delegasi resmi Indonesia di KTT FAO di Roma Italia yang membahas ketahanan pangan dan perikanan tahun 2022
  • Mahasiswa Unissula yakni Safira, Hildan, dan Muhammad Salim berhasil juara internasional di kompetisi Asean Innovative Science di Undip yang diikuti 600 peserta dari seluruh dunia tahun

Mahasiswa mahasiswi baru Unissula yang kami banggakan, jadilah mahasiswa mahasiswi berprestasi Unissula berikutnya. Jangan hanya puas dengan dunia perkuliahan namun ekplorasi diri anda melalui berbagai organisasi, melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang akan mengasah bakat saudara.

Keempat, proses pendidikan di Unissula mengintegrasikan ilmu agama dan sains. Sehingga mampu melahirkan pribadi pribadi yang memiliki kompetensi terbaik yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan  teknologi serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Kelima, Unissula mendidik mahasiswanya menjadi pribadi yang birrul walidain. Yakni mendidik mahasiswa agar memiliki kepedulian dan mampu berbakti kepada kedua orang tuanya.

Keenam, lulusan Unissula mendapat pekerjaan sesuai dengan kompetensinya dalam masa yang relative singkat yakni kurang dari tiga bulan setelah diwisuda.

Ketujuh, Unissula telah memiliki 70.000 alumni yang berkontribusi besar dalam ikut serta mebangun dan mensejahterakan bangsa.

Menjadi tugas besar saudara sekalian agar mampu menuntut ilmu dengan sungguh sungguh hingga kelak bisa menjadi lulusan lulusan yang dapat berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat.

Mahasiswa mahasiswi baru Unissula yang kami banggakan. Menempuh pendidikan tinggi di Unissula merupakan fase penting dalam kehidupan saudara. Jangan jadi mahasiswa yang biasa biasa saja tapi jadilah mahasiswa yang luar biasa. Karena tidak semua generasi muda saat ini bisa kuliah dan menikmati pendidikan seperti saudara.

Jadilah mahasiswa mahasiswi yang inspiratif seperti Ki Hajar Dewantara, Moh Hatta, Dr Wahidin Sudirohusodo, dr  Soetomo yang sejak mahasiswa sudah memiliki kepedulian besar pada bangsa dan negara melalui dunia pendidikan. Merekalah tokoh tokoh penting dari kampus yang berhasil mencatatkan sejarah sebagai golongan terdidik yang memiliki semangat kuat untuk membebaskan bangsanya dari jerat penjajah. Mereka berhasil membangkitkan rasa nasionalisme, kemandirian, mendidik agar bangsa Indonesai punya kesadaran untuk menentukan dan mewujudkan cita citanya sendiri.

Jadilah pribadi yang tangguh, yang siap berkompetisi diera global karena kalian memiliki kesempatan yang sama dengan semua generasi muda dibelahan dunia manapun. Kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi yang luar biasa telah membuka ruang dan kesempatan besar bagi semua orang yang mau belajar mengembangkan diri.

Sungguh tepat apa yang disampaikan Sayyidina Ali Karomallohu Wajhah yang mengatakan Bukanlah seorang pemuda bila ia berkata ‘Inilah Bapakku’, tetapi yang dikatakan pemuda adalah dia yang berkata ‘Inilah aku. Sungguh beruntung pemuda pemudi yang mengisi masa mudanya dengan belajar sungguh sungguh mempersiapkan masa depannya agar menjadi lebih cerah. Dialah pemuda pemudi yang punya kemandirian dan tanggung jawab akan masa depannya sendiri dan tidak menggantungkan pada belas kasihan keluarganya.

Jadilah pribadi pribadi yang sungguh sungguh mencintai ilmu pengetahuan karena Allah SWT telah menjanjikan akan mengangkat derajat orang orang yang berilmu pengetahuan sebagaimana yang tercantum dalam Al Qur’an surat Al Mujadalah Ayat 11 “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

Kami sangat berharap dari Unissula akan lahir pemuda pemudi yang memperjuangkan kemanusiaan, keadilan, kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Bekerja bukan hanya untuk diri dan keluarga, bukan hanya untuk bangsa dan negaranya, namun lebih dari itu berjuang untuk kesejahteraan umat manusia sebagaimana yang diteladankan Nabi Muhammad SAW sosok Agung yang mampu menjadi rahmat untuk seluruh alam.

Demikian sambutan ini kami sampaikan apabila ada kata kata yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Related News