Menu 

FT Unissula Undang Pakar Geosintetik

Tuesday, January 9th, 2018 | Dilihat : 153 kali

Kuliah Pakar

Fakultas Teknik (FT) Unissula mengadakan acara kuliah pakar bekerja sama dengan PT Tetrasa Geosinindo yang merupakan perusahaan penyedia jasa konsultan dan penyedia geosintetik di Indonesia. Kuliah pakar pada  (4/1) menghadirkan narasumber Pria Ardhana ST MT pakar Geosintetik  PT Tetrasa Geosinindo dan Prof Ir Pratikso PhD yang merupakan pakar geoteknik Unissula.

Dalam seminar tersebut perwakilan Geosisnindo memaparkan tentang produk unggulan mereka dan bagaimana Teknik implementasinya di lapangan, disertakan juga beberapa proyek infrastruktur yang melibatkan perusahaan tersebut.

Dalam proyek infratruktur, Geosintetik biasa digunakan untuk memperkuat struktur timbunan tanah sebagai dasar pondasi bangunan, jalan atau bendungan. Salah satu proyek yang sudah dikerjakan oleh Geosinindo antara lain proyek konstruksi jalan tol Balikpapan – Samarinda, Bendungan di Bogor, Reklamasi pantai di Makasar dan banyak lagi proyek lain yang tersebar di Indonesia.

Menurut Pria Ardhana kelebihan penggunaan Geosintetik dibanding teknik lainya adalah evisiensi waktu dan biaya apalagi maraknya pembangunan infrastruktur di Indonesia yang ditarget harus segera selesai.

“Geosintetik merupakan hasil kolaborasi antara teknik sipil dan teknik industri yang berbahan polymer (Sejenis plastik) untuk memperbaiki pondasi tanah, ada banyak tipe sesuai dengan fungsinya.” Papar Pria Ardhana.

Sementara itu Pratikso menyampaikan perlunya mahasiswa teknik sipil untuk selalu update  teknologi konstruksi yang setiap tahun selalu bertambah teknik – teknik baru dalam penerapan proyek konstruksi.

“Mahasiswa harus selalu update perkembangan teknologi konstruksi, seperti Geosintetik ini yang sekarang sudah marak digunakan di proyek-proyek konstruksi pemerintah” terang Pratikso.

Related News