Menu 

PPPPTK dan SEAMEO Perkuat Kompetensi Lulusan FKIP Unissula

Friday, January 25th, 2019 | Dilihat : 81 kali

(22) FKIP

Para dosen dan mahasiswa prodi Matematika Unissula mengikuti workshop di SEAMEO (Southeast Asian Minister Education Organization ) di Yogyakarta (22/1/2019).  SEAMEO adalah organisasi internasional dengan tujuan untuk mempromosikan kerja sama dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara   salah satunya adalah Pusat Regional SEAMEO untuk peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan matematika (SEAQiM).

Tujuan utama SEAMEO adalah (a) meningkatkan kualitas guru matematika dan tenaga kependidikan (b) melakukan penelitian dan pengembangan, memberikan layanan pelatihan dan informasi dan clearing house serta terlibat dalam kegiatan terkait lainnya dalam matematika c) membangun jaringan untuk tujuan berbagi sumber daya, pertukaran informasi, penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan matematika, dan (d) menyediakan akses bagi pembuat keputusan untuk data terkini, akurat, dan konsisten serta informasi dalam matematika untuk kepentingan daerah.

Pelatihan difokuskan pada pengembangan kompetensi mahasiswa agar mereka dapat mengembangkan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Penerapan STEM dan Kahoot dalam pembelajaran matematika adalah topik yang diajarkan pada peserta pelatihan.

Sesi pertama, dimulai dengan penerapan STEM dalam pembelajaran matematika yang disampaikan oleh I Gusti Ayu Russasmita Sri Padmi MSc. Mahasiswa terlebih dahulu ditunjukkan dengan suatu permasalahan matematika. Pada sesi kedua, materi  pelatihan mengenai penerapan Kahoot dan Geogebra dalam pembelajaran matematika oleh Wahid Yulianto MSc M.A.

Pelatihan Kahoot dimulai dengan mahasiswa membuka web Kahoot dan membuat akun Kahoot di ponsel mereka masing-masing. Setelah semua mahasiswa membuat akun, kemudian mahasiswa diajak berinteraksi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat di web Kahoot. Mahasiswa antusias mengikuti pelatihan ini dengan menunjukkan semangat bertanding antar mahasiswa dimana mereka harus menjawab secepat mungkin pertanyaan yang diberikan agar memperoleh banyak poin.

Menurut Dyana Wijayanti PhD dan Hevy Risqi Maharani SPd MPd dosen yang mendampingi kegiatan workshop menyampaikan pasca mengikuti workshop  para mahasiswa diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan mengaktifkan siswa dalam belajar, sehingga dapat menjadi pembelajaran yang bermakna. Hal ini sangat bermanfaat, terutama saat mereka merancang dan melaksanakan praktek microteaching yang menjadi awal pengalaman mengajar mereka sebelum terjun ke sekolah mitra dalam Praktik Pengalaman Lapangan  di semester berikutnya.

MoU

Untuk memperkuat pengembangan SDM FKIP Unissula mengadakan  perpanjangan MoU dengan PPPPTK Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPT) Matematika Yogyakarta yang dilaksanakan dui kampus Unissula 21 Januari 2019.

MoU yang ditandatangani oleh Dekan Imam Kusmaryono SPd MPd dan Ketua  PPPPT Dr Daswatia Astuty MPd berisi penguatan tridarma fakultas melalui berbagai program antara lain memberikan kontribusi nyata dalam pembinaan guru dan calon-calon guru matematika yang professional dan tanggap terhadap perkembangan teknologi di masa sekarang dan mendatang termasuk kegiatan peningkatan kompetensi lulusan mahasiswa Unissula di bidang matematika

Related News