Menu 

Santri Di Dorong Punya Jiwa Kepemimpinan

Thursday, November 23rd, 2017 | Dilihat : 44 kali

(18) Kepemimpinan

Pesantren Mahasiswa Sultan Agung (Pesanmasa) Unissula menggelar kegiatan pelatihan kepemimpinan bertajuk Pesanmasa leadership training 2017 untuk santri putra dan putri (18-19/11). Acara berlangsung selama 2 hari dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti seminar, nobar, senam, outbond, dan lomba foto Instagram.

Menurut pengasuh Pesanmasa, Agus Irfan SHI MPI rangkaian acara diawali dengan sholat tahajud bersama diikuti dengan tausiyah pada Jumat dini hari, kemudian dilanjutkan dengan seminar kepemimpinan.

Menurut Agus, para santri perlu memahami sosok pemimpin yang ideal menurut Islam. “Tema kegiatan kali ini adalah membangun karakter mahasantri berjiwa kepemimpinan Islami. Harapannya karakter kepemimpinan santri terbangun mulai dari yang terkecil, misalnya inisiatif membangunkan temannya setiap waktu Subuh.”tuturnya. “Semoga setelah pelatihan ini para santri bisa lebih disiplin dalam mengikuti setiap program pesantren.” Tuturnya sekaligus membuka acara secara resmi.

Bertempat di aula utama, kegiatan seminar atau training kepemimpinan diisi oleh Wakil Rektor III Unissula Sarjuni SAg  MHum. Di hadapan sekitar 200 santri, ia menerangkan kriteria ideal menjadi seorang pemimpin berkarakter. “Seorang pemimpin haruslah memiliki sikap positif. Jika kamu yakin bisa, maka pasti akan bisa.” Selain itu menurutnya, pemimpin juga harus memiliki skill komunikasi yang baik. “Komunikasi adalah kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh pemimpin untuk mempengaruhi orang lain” jelasnya.

Menurut Sarjuni, ada beberapa komponen yang mempengaruhi kepemimpinan di antaranya visi pandangan ke depan, karakter pendirian dan prinsip, disiplin diri, serta komitmen. “Kompetensi-kompetensi tersebut tentu harus dilatih terus menerus. Karena pemimpin bukan diciptakan sehari, melainkan karakternya bisa dimulai sejak hari ini.” Ungkapnya. “Menjadi pemimpin haruslah fokus, konsentrasi. Bisa menyeimbangkan prioritas, mana urusan pribadi dan organisasi.” Imbuhnya.

Sementara itu ketua panitia Alfiah Nurul Fatimah Intan ST SHum mengatakan setelah seminar, malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan nonton bareng film bertemakan kepemimpinan yakni The King’s Speech.  “peserta diminta untuk membuat resume singkat tentang film dan dipilihlah satu tulisan terbaik.” Kemudian, kata Intan, keesokan harinya diadakan outbond yang bertempat di area kampus, senam, serta penyerahan hadiah bagi para pemenang. “Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Harapannya dengan kegiatan ini mahasantri bisa lebih aktif lagi mengikuti kegiatan.” Pungkasnya.

Related News