Menu 

UPA dan Pemprov Kaltara Antusias Kolaborasi dengan Unissula

Monday, January 23rd, 2023 | Dilihat : 21 kali

WhatsApp Image 2023-01-23 at 14.06.06

Universitas Patria Artha (UPA) dan Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) mengadakan kunjungan kerja ke Unissula. Rombongan yang dipimpin oleh Rektor Dr Bastian Lubis SE MM CFM tersebut diterima langsung oleh Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH (23/1). Kedua pimpinan universitas tersebut juga menandatangani nota MoU guna menkonkritkan kerjasama.

Dr Bastian Lubis dalam sambutannya menyatakan universitasnya berharap bisa membangun kerjasama di semua lini dengan Unissula khususnya di tiga bidang yakni kesehatan, ekonomi, dan Hukum. Kalimantan Utara merupakan pintu gerbang Ibu Kota Nagara (IKN) yang letaknya di Kalimantan Timur. “Kalimantan Utara lahannya sangat luas dan potensinya sangat besar. Penduduknya hanya 700.000. Perindustriannya juga tumbuh pesat seiring masuknya investasi asing yang sangat masif. Kami butuh meningkatkan kwalitas SDM agar kedepannya anak anak Kalimantan Utara bisa menjadi pelaku pembangunan bukan hanya penonton. Oleh karenanya kita butuh banyak kerjasama untuk meningkatkan SDM di sana,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Hukum Provinsi Kalimantan Utara Dr M Ghozali SE MH menyatakan antusias dengan kondisi Unissula yang jauh lebih maju dari perkiraaannya. “Ini kampus yang luar biasa dengan prodi prodi yang sangat maju. Kami juga tertarik dengan pola pendidikan di Unissula yang mengkombinasikan sains dengan agama sehingga bisa menghasilkan lulusan yang professional dan berahlaq. Ini sesuai dengan profil yang kami harapkan” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyatakan Kalimantan Utara saat ini sedang tumbuh dan memerlukan dukungan semua fihak terutama dari kalangan universitas karena universitas memiliki kompetensi untuk mencetak SDM. “Pemprov Kalimantan Utara tentunya sangat antusias untuk segera menjalin kerjasama dengan Unissula. Kami akan undang pak Rektor untuk berkunjungan ke Kalimantan Utara untuk bersilaturahmi dengan Pak Gubernur. Karena kami butuh banyak mitra untuk percepatan pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu Prof Gunarto menyambut baik kunjungan tersebut. Ia menyatakan Unissula memiliki banyak ahli dan prodi prodi yang siap membantu meningkatkan SDM. “Unissula pernah punya pengalaman bagus kerjasama dengan Provinsi Sulawesi Tenggara. Kurang lebih 1000 siswanya mereka kirim untuk kuliah di Unissula melalui program beasiswa Cerdas Sultraku. Alhamdulillah sukses,” ungkapnya.

Adapun rombongan lainnya yakni Wakil Rektor 1 Universitas Patria Artha Suhendra SE MM, Direktur Wellness Abdul SKep MM. Sekretaris pusat kajian anti korupsi Dr Andika Yuli Rimbawan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara Drs Teguh Henri Sutanto MPd.

Turut menyambut rombongan antara lain Wakil Rektor I Unissula Dr Andre Sugiyono dan Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD serta para dekan di lingkungan Unissula.

 

 

Related News