Menu 

Unissula Buka PMB Jalur Prestasi dan Online

Wednesday, November 16th, 2022 | Dilihat : 87 kali

IMG_647csxc4

Unissula resmi membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2023 per 15 November 2022. “Kami membuka PMB jalur prestasi dan PMB jalur online. Jalur prestasi khusus untuk Prodi Kedokteran dan Prodi Kedokteran Gigi.  Persyaratannya  menggunakan nilai raport semester IV,” ungkap Prof Dr Gunarto SH MH dalam launching PMB di kampus Kaligawe Semarang (16/11). Untuk jalur prestasi dibuka dari 15 Nopember – 24 Desember 2022.

Sementara untuk jalur online diperuntukkan bagi semua prodi S1 dan D3 di Unissula. Pendaftaran jalur online mulai dibuka dari 15 Nopember 2022. “Persyaratannya mudah menggunakan nilai raport semester IV atau nilai ijasah bagi yang sudah lulus SMA, MA, SMK. Silahkan mendaftar segera melalui laman pmb.unissula.ac.id,” lanjutnya.

Unissula menargetkan jumlah mahasiswa yang diterima tahun akademik 2023-2024 minimal 5.600 mahasiswa. Jumlah ini naik dari tahun sebelumnya 5.309 mahasiswa baru.  Acara launching PMB ditandai dengan potong tumpeng oleh Rektor dan diberikan kepada Wakil Rektor III yang sekaligus ketua PMB Unissula tahun, Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD.

Masih menurut Prof Gun Unissula  juga menerima mahasiswa asing. Sedangkan untuk memudahkan calon mahasiswa baru, PMB dilaksanakan dengan mekanisme online, sehingga bisa menyasar semua calon mahasiswa dari semua provinsi di Tanah Air dan juga luar negeri. Ada tiga gelombang PMB, dan gelombang satu sudah dimulai hari ini. ”Ada 41 prodi yang ditawarkan dari 11 fakultas yang ada, mulai S1, S2 dan Program Doktor,” jelasnya.

Rektor mengatakan Unissula pada dasarnya tidak terpengaruh dengan pandemi Covid-19, terkait dengan PMB. Sebab, jumlah mahasiswa yang diterima, tidak mengalami penurunan meski dua tahun ini Covid-19 menjadi pandemi di Indonesia.

Menurutnya Unissula mampu bersaing dengan sesama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekalipun. Ini mengingat akreditasi institusi Unggul dan 63 persen Program Studi (Prodi) terakreditasi Unggul dan A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Bahkan ada 13 Prodi dengan level premier (unggul) dari badan akreditasi internasional Service of International School, Colleges & Universities (ASIC) yang berbasis di London.

Sedangkan berdasakan data yang dirilis EduRank, Unissula merupakan PTS dengan peringkat terbaik di Semarang. Unissula menjadi perguruan tinggi dengan skor paling atas diantara perguruan tinggi se Kota Semarang pada indikator openness rangking versi Webometrics tahun 2022. Untuk kategori ini, secara nasional Unissula menempati peringkat ke 29. Naik tajam dari peringkat tahun sebelumnya yang menempati peringkat ke 94 nasional. Webometrics adalah sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang paling populer, dibandingkan sistem-sistem pemeringkatan lainnya.

Menurtunya, hal ini menjadikan kegiatan akademik yang bermutu baik di tingkat nasional maupun internasional dengan penjaminan mutu dengan tujuan untuk meluluskan sarjana yang terserap di dunia kerja dengan masa tunggu kurang dari tiga bulan.

”Kita juga ingin menciptakan kecepatan yang tinggi dalam daya saing kelulusan secara internasional dalam waktu yang cepat yakni lima tahun untuk lulus S1 sekaligus lulus S2. Kita harus meningkatkan terus menerus saya saing, dengan perubahan regulasi yang baru agar tumbuh dengan kecepatan yang tinggi,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Dr Andre Sugiyono, Wakil Rektor II Dedi Rusdi SE MSi dan 11 dekan fakultas di Unissula.

 

Related News