Menu 

Pesantren Mahasiswa Jadi Program Uggulan Unissula

Monday, September 19th, 2022 | Dilihat : 45 kali
(19) Pesantren Mahasiswa

Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf Lc MA (kiri depan) berkunjung ke Unissula dan disambut langsung oleh Rektor Prof Dr Gunarto SH MH (tengah)

Anggota Komisi VIII DPR RI KH Bukhori Yusuf Lc MA melakukan kunjungan ke Unissula Semarang, (19/9). Kunjungan diterima langsung oleh Rektor Prof Dr Gunarto SH MH. Rektor menyampaikan berbagai program terkini kampus Unissula antara lain pesantren mahasiswa, pengajuan guru besar Fakultas Agama Islam (FAI) dan kerjasama beasiswa Baznas.

“Saat ini mahasiswa baru Unissula sudah mulai di pesantrenkan. Jadi memang kita wajibkan selama dua bulan di pesantren sebagai sarana mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan agama, termasuk mengajari mereka berbakti kepada kedua orang tua (birrul walidain),” ungkapnya.

Masih menurut Gunarto, “Kenapa hanya dua bulan karena jumlah mahasiswa baru Unissula ribuan sedangkan kapasistas pesantren Unissula belum bisa menampung seluruhnya. Sehingga tahun ini dilakukan secara periodik nyantrinya Cuma dua bualan,” ujarnya.

Rektor juga mengungkap setelah sarana dan prasarana memadai, mahasiswa diwajibkan di pesantren selama setahun penuh. “Cita-cita kami tahun 2027 mahasiswa sudah full setahun di pesantren. Sehingga Unissula akan menjadi unggulan dan menjadi rujukan sebagai kampus khaira ummah itu bisa terwujud,” lanjutnya.

Sementara itu Bukhori menyambut baik program pesantren untuk mahasiswa. Karena menurutnya pola pendidikan pesantren adalah pola yang paling klop. Pihaknya juga menyampaikan nantinya program pesantren ini menjadi program unggulan. “Nantinya program pesantren ini menjadi brand Unissula, sehingga harus ada target. Misalnya bisa menjadi imam sholat, jadi ketika mahasiswa itu pengabdian atau KKN, masyarakat akan secara langsung melihat kualitas mahasiswa terutama dalam penguasaan agamanya. Oh mahasiswa Unissula bagus menjadi imam, dan sebagainya,” jelasnya.

Pihaknya melanjutkan Unissula harus go internasional, melihat program-program unggulan Unissula. “Kampus Unissula ini kan termasuk kampus yang besar di Jawa Tengah. Bahkan sejak saya di Madrasah Aliyah kampus ini sudah ada. Harus go internasional nih,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Rektor I Unissula Andre Sugiyono ST MM PhD, Wakil Rektor II Dedi Rusdi SE MSi Akt CA, dan Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD. Hadir juga Dekan, Wakil Dekan I dan II FAI, dan Dekan FIK Unissula.

Related News