Menu 

Peduli Kesehatan Unissula dan Dinkes Semarang Perluas Area MBKM

Friday, December 2nd, 2022 | Dilihat : 46 kali

WhatsApp Image 2022-12-02 at 07.43.03

Kepala Dinkes Kota Semarang Dr dr Mochamad Abdul Hakam SpPD, FINASIM bersilaturahmi ke Unissula. Ia disambut langsung oleh Rektor Prof Dr Gunarto SH MH dan Wakil Rektor II Dedi Rusdi SE MSi Akt Ca. Kunjungan tersebut untuk membahas potensi perluasan area pemagangan bagi mahasiswa Unissula dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Hakam salah satu permasalahan kesehatan di Kota Semarang yaitu adanya keterbatasan SDM. Jumlah tenaga kesehatan yang dimiliki masih terbatas dan belum ideal untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan area yang begitu luas dan jumlah penduduk yang begitu banyak. “Hal itu tentu harus dicarikan jalan keluarnya. Saya berfikir kenapa tidak mengkolaborasikannya dengan perguruan tinggi khususnya Unissula yang sangat unggul di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dokter lulusan Kedokteran Unissula tersebut menambahkan bahwa kebutuhan di area Dinas Kesehatan Kota Semarang tidak hanya terkait pentingnya tambahan jumlah tenaga kesehatan namun juga diberbagai area lainnya. “Harusnya dokter, perawat, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya fokus memberikan layanan kesehatan. Namun karena tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka banyak mengurusi bidang lainnya seperti administrasi dan keuangan. Misalnya dalam membuat laporan pertanggungjawaban, laporan keuangan dan lainnya. Oleh karenanya tentunya kita sangat terbantu jika Unissula tidak hanya mengirim mahasiswa dari prodi prodi kesehatan namun juga dari prodi lainnya misalnya akuntansi. Karena kita terbuka untuk semua prodi,” tambah Hakam.

Pemagangan yang dilakukan oleh mahasiswa selama ini masih terbatas dari segi waktu yang berkisar satu sampai dua bulan. “Kami berharap pemagangan mahasiswa dalam program MBKM di semua area Dinkes Kota Seamarang bisa diperpanjang dari segi waktu hingga enam bulan,” lanjut Hakam.

Menaggapi hal itu Rektor menegaskan komitmen Unissula untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan dan kemaslahatan umat terlebih lagi bagi masyarakat Kota Semarang. Oleh karenanya ia optimis durasi dan perluasan area pemagangan bertajuk MBKM bisa segera dilaksanakan tahun 2023 mendatang.  “Unissula memiliki prodi prodi berkualitas unggul di bidang kesehatan seperti Prodi Kedokteran, Prodi Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kebidanan, dan Farmasi yang tentunya siap untuk berkolaborasi dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dalam hal program MBKM Unissula merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Kita sangat terbuka dalam perluasan area MBKM maupun durasi pemagangan,” pungkas Gunarto.

Dalam waktu dan tempat yang sama Rektor juga menerima kunjungan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Semarang, dr Andi Azhar MH AAK. Pertemuan dengan BPJS untuk memfasilitasi mahasiswa Unissula dalam mengakses BPJS.

Turut hadir dam kesempatan tersebut dr Nugroho Edi MKes, drg Rahma Defi MKes, drg Andreas Jatmiko dan Apt Nur Wulan. Turut hadir pula Dekan Fakultas Kedokteran Dr dr Setyo Trisnadi SpKF, Dekan Kedokteran Gigi Dr drg Yayun Siti Rochmah SpBM dan Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Iwan Ardian SKM MKep.

Related News