Menu 

Mahasiswa Unissula Akan Presentasikan Psikodrama Wayang di Pimnas

Wednesday, November 23rd, 2022 | Dilihat : 12 kali

(23) Best Presentation

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang riset sosial humaniora Unissula ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Pimnas akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang pada 30 November sampai 4 Desember 2022.

Mahasiswa peneliti berasal dari Fakultas Psikologi. Mereka adalah Farahdiba Ramadhani Hakim, Abror Hilman, Siti Zulicha, dan Reihan Nisha Gunawan. Bertindak sebagai dosen pembimbing adalah Anisa Fitriani SPsi MPsi Psikolog.

Menurut Anisa untuk terpilih sebagai peserta di ajang bergengsi tingkat nasional tersebut setelah melalui seleksi yang sangat ketat. “Tim ini akan menjadi salah satu dari 374 tim yang lolos PIMNAS tahun 2022. Jumlah ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Anisa.

Prestasi yang membanggakan tersebut disampaikan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional.

Farahdiba dan tim akan mempresentasikan hasil penelitian prevensi kekerasan terhadap perempuan melalui teknik Psikodrama yang dikombinasikan dengan media Wayang. Psikodrama Wayang merupakan inovasi dan pengembangan dari teknik Psikodrama yang diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya, penelitian ini berhasil meraih pendanaan sebesar Rp  6,2 juta dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui seleksi ketat pada PKM tahun 2022. Modul Psikodrama Wayang juga berhasil mendapatkan sertifikat HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Related News