Menu 

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula selenggarakan Beauty Talk & Class bersama Wardah Cosmetics

Monday, January 16th, 2023 | Dilihat : 33 kali

 

WhatsApp Image 2023-01-15 at 11.59.43

Standar kecantikan dan keelokan penampilan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu seiring dengan trend dan perkembangan zaman. Status, feed, story yang wara-wiri di sosial media sangat mempengaruhi trend tersebut. Jika dulu standar cantik berkiblat ke barat yang direpresentasikan melalui aktor dan aktris film-film Hollywood. Sekarang standar cantik bergeser ke Asia, khususnya Korea Selatan melalui penampilan aktor-aktris drakor dan para penyanyi yang tergabung dalam girlband dan boyband. Ketika kecantikan dan kebagusan penampilan hanya dilihat dari permukaan, maka perubahan atau pergeseran standar akan menjadi keniscayaan. Akan terjadi terus menerus. Tidak akan ada habisnya.

Tetapi ketika cantik, bagus, elok dilihat dari dalam diri (iner), maka yang tampak akan berbeda. “Sebenarnya parameter good looking seharusnya berada pada diri kira sendiri. Yang harus kita lakukan adalah mengenali, mencintai, dan menyayangi diri sendiri sehingga menemukan definisi good looking yang terpancar dari dalam diri melalui kepercayaan diri saat bertemu dengan orang lain dan memaksimalkan potensi diri”. Begitu yang disampaikan oleh Vira Bellani, Market Development PT Paragon Technology and Innovation yang menaungi brand Wardah Cosmetics.

Persepsi cantik dari dalam yang mengemuka dalam sesi Beaty Talk yang dihelat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula bekerjasama dengan brand Wardah pada hari Jumat (13/1) kemarin di lantai 10 aula gedung kuliah bersama Unissula di kawasan Kaligawe Semarang adalah sebuah event yang diselenggarakan sebagai ujian akhir dalam mata kuliah pengelolaan event. Acara yang dihelat oleh mahasiswa semester 5 ini dipersiapkan dalam waktu kurang lebih 5 minggu, dimulai dari tahap menggali ide, menentukan value, menentukan tujuan, membuat rencana sampai dengan tahap pelaksanaan. Trimanah M.Si, selaku pengampu mata kuliah yang juga Dekan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa, ilmu dan pengalalaman praktik mengelola event tidak bisa didapat di ruang kelas, dan hanya bisa didapat dari terjun ke lapangan secara langsung. Dosen hanya memberi konsep dan guidence-nya, tetapi mahasiswalah yang akan menjalankan dengan berbagai kesulitan dan tantangannya tersendiri di lapangan. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk mempraktikkan berbagai teori dan konsep tentang komunikasi yang didapat di ruang kelas. Seperti praktik menulis pesan bisnis dalam bentuk proposal dan berbagai surat yang dikirimkan ke calon parters dan sponsor. Praktek melakukan lobbying dan negosiasi, membuat berbagai tools promosi, menjalin komunikasi organisasi, menyelesaikan konflik dalam tim, dan lain-lain.  Trimanah berharap, kegiatan hari ini akan menjadi pengalaman berharga yang tak terlupakan bagi mahasiswa dan akan bermanfaat bagi mereka kelak di kemudian hari.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 130 peserta yang mendaftar dan membayar tiket masuk pada sesi beauty talk yang diselengarakan pada pagi sampai siang hari. Dan dilanjutkan dengan sesi beauty class yang diikuti oleh lebih dari 30 orang baik dari kalangan mahasiswa maupun umum.

Pada sesi beauty talk, Vira Bellani selaku Market Development PT Paragon Technology and Inovation Central Java berbagi pengetahuan dan memberikan motivasi kepada seluruh peserta tentang apa itu beauty, good looking and grooming. Semangat tampil cantik dari dalam itu harus dimiliki oleh semua orang. Perlu dilatih dan distimulus dengan melihat potensi baik pada diri sendiri serta melakukan perbaikan dari dalam ketika melihat ada kekurangan. Juga, harus bisa tambil cantik dan grooming melalui berbagai treatment dan penggunaan produk-produk perawatan dan kecantikan. Wardah Cosmetics hadir untuk memberikan dukungan bagi siapapun yang ingin tampil cantik dari dalam dan luar

Wardah Cosmetics dipilih sebagai partners dalam penyelenggaraan event ini karena dianggap memiliki kesamaan value dengan Unissula, yaitu sama-sama mengedepanikan aspek ketuhanan dalam menjalankan berbagai programnya untuk memajukan bisnisnya. Seperti ketika menentukan terminologi cantik, baik Wardah maupun Unissula sama-sama melihat bahwa kecantikan dari dalam lebih bermakna ketimbang kecantikan yang hanya dilihat dari luar semata. Namun demikian, cantik dan menarik akan lebih baik ketika ada kombinasi antara kecantikan dari dalam dan ditunjang dengan kecantikan dari luar.

Pada sesi ini, Vira Bellani juga berbagi informasi tentang berbagai peluang yang diberikan oleh PT. Paragon kepada mahasiswa, diantaranya adalah kesempatan untuk mengikuti PIP (Paragon Internship Program) yang merupakan bagian dari program MBKM Kemendikbudikti. Vira juga menyampaikan empat values PT Paragon dalam menjalankan program CSR-nya, yaitu mendukung kesehatan, pemberdayaan perempuan, kepedulian lingkungan dan pendidikan. Program CRS ini dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi. Oleh sebab itu, rencananya akan ada tindaklanjut dari kegiatan hari ini melalui penyusunan kesepakatan kerjasama yang bisa dilakukan antara PT. Paragon wilayah Jawa Tengah dengan Unissula, khsusnya pada prodi Ilmu Komunikasi.

Sedangkan pada sesi kedua, ruangan aula yang semula di setting sebagai ruang seminar dirubah menjadi ruang kelas kecantikan. Dimana ada sekitar 30 peserta dipandu dan dibimbing oleh para beauty expert dari wardah untuk praktik mengunakan produk kecantikan. Dari ketigapuluh peserta, terpilih Ragil Zahrotushhofa, mahasiswa semester 5 prodi Ilmu Komunikasi sebagai best make-up dan mendapatkan hadiah dari Wardah. Oktavina Winda, salah satu beauty expert menuturkan bahwa dalam memilih warna kosmetik yang akan diaplikasikan harus disesuaikan dengan warna kulit, sebab itu adalah faktor penting dalam ber-make up.

Di akhir kegiatan, tim dari Wardah mengungkapkan kesenangannya terhadap kegiatan kolaborasi yang berlangsung dengan meriah ini, selain itu melalui kegiatan ini juga terdapat harapan supaya para peserta tidak mudah minder atau insecure sebab sudah menyadari value dirinya. Wardah juga tak sungkan menebar hadiah produk untuk peserta yang hadir, sehingga acara ini berakhir dengan menyisakan perasaan senang dan bahagia untuk semua yang hadir. Bukan hanya senang karena mendapatkan pengalaman dan ketrampilan ber-make up, tetapi juga mendapatkan gift cantik dari Wardah Cosmetics.

 

 

 

Related News