Menu 

Mahasiswa Harus Ambil Peran bukan Jadi Beban

Wednesday, November 30th, 2022 | Dilihat : 28 kali

WhatsApp Image 2022-11-30 at 07.27.41

Mahasiswa harus mengerti artinya bersinergi dalam menuntut ilmu. Setiap ilmu memiliki perannya masing –  masing, maka harus ditekuni dengan sungguh sungguh. Hal itu disampaikan Buya Yahya dalam kajian di Masjid Kampus Unissula, (29/11). “Allah itu senang kalau seorang hamba mengerjakan sesuatu dengan serius. Jangan jadi setengah setengah.  Belajar kalau ahli sastra Inggris yang serius,  ekonomi yang serius, belajar dokter juga yang serius jadi manfaatnya besar,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa mahasiswa hadir dalam kajian itu, karena ada seruan iman dan ketaqwaan dari dalam diri. Buya mengajak agar mahasiswa membiasakan diri untuk mengingat Allah SWT dalam segala hal. Selalu mengasah keimanan dengan memperhatikan ibadah yang mendasar yaitu  sholat lima waktu.

“Segala hal yang kita lakukan harus diniatkan untuk Allah SWT. Supaya kita mendapatkan berkah Nya. Dalam menuntut ilmu, harus dibarengi dengan ibadah yang baik pula. Sesederhana menjaga wudhu, bersholawat, dan berdzikir kepada Allah SWT. Apalagi, jika ditambah dengan ibadah sholat dhuha, hajat, dan tahajud,” ungkapnya.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al- Bahjah itu, juga menyampaikan himbauan bagi mahasiswa untuk menjaga syahwat. “Di era sosial media ini, tontonan – tontonan yang kotor itu sangatlah merusak mental. Tugas kita untuk menata hati selalu waspada dengan hal ini. Jangan ikut-ikutan gaya hidup orang. Seorang muslim harus punya pendirian, ikutlah sesuatu yang bermanfaat,” tuturnya.

Ia juga menekankan kepada mahasiswa untuk jangan meremehkan ilmu yang dimiliki. Setiap ilmu pasti akan bermanfaat. Harapannya mahasiswa Unissula bisa menjadi  bagian dari ummat yang mengambil peran mensejahterakan bukan justru jadi beban.

Turut ketua umum pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Hasan Toha Putra, Ketua Bidang Pendidikan (YBWSA) Tjoek Subhan Sulchan, Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH, Wakil Rektor I Dr Andre Sugiyono, Wakil Rektor II Dedi Rusdi SE MSi Akt CA, Wakil Rektor III M Qomaruddin ST MSc PhD. Hadir pula pejabat dekanat di lingkungan Unissula.

 

Related News