Menu 

Farmasi Unissula dan San Pedro Kolaborasikan Skill Lab

Monday, November 28th, 2022 | Dilihat : 44 kali

(28) Farmasi

Prodi Farmasi S1 dan Profesi Apoteker Unissula mengadakan kolaborasi pembelajaran internasional. Kolaborasi dilakukan dengan Farmasi San Pedro College Filipina. Dosen Farmasi Unissula Fildza Huwaina MKes mengatakan model pembelajarannya inovatif. Metodenya juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkolaborasi dengan teman sejawat secara internasional melalui penggunaan komunikasi online.

Tema yang diangkat mengenai dispensing of self medication, berkaitan dengan swamedikasi pada pasien-pasien dengan penyakit ringan . “Tema ini diangkat karena perlunya mahasiswa meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah kasus swamedikasi serta tema tersebut menjadi salah satu sasaran belajar pada modul farmasi komunitas di Farmasi Unissula,” ungkap Fildza, (28/11).

Modul farmasi komunitas memiliki beberapa metode pembelajaran salah satunya yaitu skill lab. Dalam skill lab mahasiswa akan diberikan kasus secara nyata dan diinstruksikan untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Kerjasama pembelajaran antara Farmasi Unissula dan San Pedro College memiliki tiga agenda utama. Pertama adalah kick-off yang dilaksanakan pada 12 November. Kick off yaitu pengenalan dan tutorial terkait dengan aplikasi Mydispense yang dikembangkan oleh Monash University.

Kegiatan dilanjutkan dengan membagi kelompok menjadi 16 grup dengan tiap kelompok berisi lima mahasiswa Unissula dan lima mahasiswa San Pedro. Masing-masing kelompok diberikan kasus untuk diselesaikan.  Agenda kedua adalah pembuatan video oleh mahasiswa terkait pembahasan yang telah dilakukan. Mahasiswa akan mengupload tugas tersebut pada website ImmereU Class2Class sebagai platform kegiatan.

Agenda terkahir tanggal 26 November, yaitu culmination and discussion. Pada agenda ini video yang telah dibuat akan ditampilkan pada kelas besar, dan instruktur yang bertugas baik dari Unissula maupun San Pedro akan memberikan feedback.

Kegiatan ini melibatkan beberapa dosen dari Unissula sebagai instruktur, yaitu apt Fildza Huwaina F MKes, apt Chilmia Nurul F MSc, apt Farrah Bintang MFarm, apt Nisa Febrinasari MSc, apt Meki Pranata MSc, dan dari SPC yaitu Dr Erwin M Faller, Dr Ian Ace Pacquiao, Ms Rody Rica Bandilla Agdipa.

Selain Farmasi Unissula dan San Pedro College terdapat Universitas lain yang ikut terlibat baik dalam bentuk observasi maupun melibatkan mahasiswanya pada proses diskusi, yaitu Lorma Colleges dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

Mahasiswa memberikan feedback pada kegiatan ini berupa adanya peningkatan kemampuan komunikasi, pemecahan masalah swamedikasi dari dua kultur yang berbeda, serta kemampuan dalam membuat media presentasi berbentuk video. Kolaborasi tidak hanya memiliki output berupa penilaian skill lab pada mahasiswa, namun juga memiliki penelitian kolaboratif.

Related News