Menu 

Dosen Ekonomi Unissula Beri Pelatihan Manajemen LAZIS

Tuesday, November 15th, 2022 | Dilihat : 6 kali

osmed

Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Unissula mengadakan pelatihan dan konsolidasi di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazizmu) yang dilaksanakan di Kantor Lazismu Kabupaten Purworejo, (6/11). Hadir sebagai pemateri adalah Dr Moh Zulfa dan Drs Osmad Muthaher MSi bersama tim Fakultas Ekonomi (FE) Unissula Semarang.

Menurut Moh Zulfa tujuan diadakannya pelatihan manajemen pengelolaan zakat infaq dan sedekah (ZIS) agar Lazismu Purworejo lebih profesional dalam manajemen zakat infak dan sedekahnya sehingga  pendistribusian zakatnya bisa berdaya guna bagi mustahiq (penerima zakat) dalam bentuk zakat produktif. Selain memberikan pelatihan manajemen zakat tim FE Unissula juga memberikan pelatihan keuangan lembaga ZIS dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran pengelola dan pengurus Lazizmu untuk lebih  transparan dalam melaporkan keuangannya kepada para muzakki.

Sementara itu menurut Osmad Muthaher  Beberapa daerah yang tergabung dalam Lazismu Purworejo tersebar kantor layanan yang membantu dalam menghimpun dan menyalurkan ZIS namun masih sering terjadi ketimpangan dan kurangnya pemahaman tentang dasar-dasar penyusunan laporan keuangan lembaga zakat yang tidak menggunakan sistem pengelolaan keuangan dengan standar pelaporan keuangan yang berlaku yaitu PSAK Syariah 109.

“Perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan untuk sistem pengelolaan keuangan dana zakat dan infak/sedekah agar dana tersebut bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan transparan. Oleh karenanya Tim FE Unissula dalam kesempatan ini memberikan pelatihan kepada pengelola Lazismu dan eksekutuf kantor layanan yang tersebar diberbagai kecamatan di kabupaten Cilacap. Termasuk juga bagimana cara menyusun laporan keuangan ZIS sesuai dengan standar PSAK Syariah 109,” ungkap Osmad.

Related News