Menu 

Cerita Ramadhan Dari Mahasiswa di Negeri Jiran

Thursday, March 30th, 2023 | Dilihat : 424 kali

WhatsApp Image 2023-03-30 at 17.35.11

UPT Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI) Unissula menggelar program Ramadan Keliling Dunia (Ralinia) bersama Nur Subhanie Binti Mohammed Arshadh atau biasa dipanggil Hanie dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Pada rabu (29/3/2023).

Hanie menyampaikan suasana sebelum Ramadhan dan budaya yang ada saat Ramadhan di Malaysia. Suatu hal yang manarik saat Ramadhan di Malaysia adalah susananya sudah seperti lebaran, seperti di mall dan fasilitas pablik semuanya temanya lebaran.

Sebelum Ramadhan tiba promosi di social media dan di tv semua tentang makanan makanan yang lezat. Saat Ramadhan tiba setiap sore banyak tempat bazar Ramadhan. “Dalam satu wilayah di Malaysia saja, bisa 10 tempat bazar Ramadhan. Banyak yang dijual di bazar ramadhan. Mulai makanan tradisional, kue kue tradisional yg hanya dijual saat Ramadhan baju muslim dan banyak lagi yang lainnya. Ada satu sajian atau makanan yang hanya ada di Malaysia dan adanya di saat ramadhan yaitu Bubur Lambuk”, ungkapnya.

Kebiasaan atau budaya Ramadhan lainnya adalah berbuka bersama keluarga atau berkelompok. Ini dilakukan banyak orang di hampir semua wilayah. Ramadhan juga menjadi hal yang berbeda karena jam kerja ataupun kuliah dikurangi dan pulang lebih awal untuk menyiapkan buka puasa. Ramadhan juga merupakan bulan dimana setiap muslim memperbanyak sedekah baik itu berupa makanan berbuka, takjil ataupun menymbang uang di masjid. Ramadhan juga momen untuk memakmurkan masjid di Malaysia. Masyarakat memperbanyak amalan ibadah di bulan suci Ramadhan di masjid. Terakhir tradisi masyarakat adalah menghias rumah dengan ornamen lebaran.

Related News