Menu 

Unissula Dorong Dosen Peroleh Hak Cipta

Monday, December 17th, 2018 | Dilihat : 29 kali
Gambar:  R Danang Agung Nugroho  SH MH (berdiri kanan)

Gambar:  R Danang Agung Nugroho  SH MH (berdiri kanan)

Unissula dorong dosen dan mahasiswanya untuk mendaptarkan hak cipta hal itu salah satunya disosialisasikan melalui workshop yang disampaikan oleh R Danang Agung Nugroho  SH MH dan Pujiningsih SE MH dari Kemenkumham Provinsi Jateng bertempat di kampus Unissula.

Agung menjelaskan bahwa saat ini kepedulian kampus untuk mendaftarkan hak cipta atas karya dosen dan mahasiswa semakin tumbuh. “Di UI bukan hanya dosen bahkan fihak kampus mendorong mahasiswa untuk mendaftarkan penemuan mereka agar memperoleh hak cipta. Ini tentu contoh yang sangat baik agar para mahasiswa memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta tahu akan hak haknya terlebih jika bisa membuat penemuan yang berpotensi mendatangkan keuntungan baik materil maupun imateril sehingga perlu dilindungi hak ciptanya secara hukum” Ungkapnya.

Masih menurut Danang bahwa banyak sedikitnya jumlah hak cipta yang dimiliki sebuah kampus juga menjadi cermin seberapa bagus iklim penelitian yang berujung penemuan penemuan baru terlebih saat ini jumlah hak cipta juga memiliki nilai lebih seperti untuk akreditasi prodi maupun institusi.

Sementara itu Kabid HKI dan Komersialisasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unissula, Dr Asyhari SE MM mengatakan jumlah hak cipta yang berhasil didaftarkan para dosen Unissula selama periode 2017-2018 sebanyak 64. “Alhamdulilah semangat dosen untuk mendaftarkan hak cipta atas karya mereka sudah semakin baik tentunya terus kita dorong dan kita fasilitasi sehingga akan terus meningkat baik dari segi jumlah maupun kwalitasnya. Selama 2017- 2018 setidaknya 64 karya dosen Unissula yang berhasil memperoleh hak cipta. Kata Asyhari.

 

Related News