Menu 

Pentingnya kehidupan Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan

Friday, July 22nd, 2011 | Dilihat : 1135 kali

“Pelatihan selama dua hari ke depan akan mereinstal hal hal terbaik dari hidup ini. Sudah terlalu banyak manusia yang menyianyiakan potensi hidupnya. Sangat penting bagi anda untuk merenung secara sungguh sungguh dan kemudian membuat cetak biru hidup anda dan mengimplementasikannya. Jika anda punya komitmen maka tak ada lagi istilah buang buang waktu percuma karena anda akan fokus pada tujuan besar yang telah anada rangcang dalam cetak biru kehidupan tersebut”. Demikian motivasi yang disampaikan Dr Hj Marwah Daud Ibrahim dalam sambutan training of trainer (TOT) kepada 100 aktifis mahasiswa Unissula  di aula Fakultas Teknologi Industri  Jumat (22/7).

 

Training ini juga diawali dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya untuk menggugah kembali kesadaran berbangsa dan bernegara.

 

Training yang bertema  life maping training for khaira ummah generation merupakan kerjasama antara Badan PR, LKPI Unissula dan MHMMD TC milik Marwah Daud Ibrahim. MHMMD TC merupakan lembaga training yang punya jargon Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan bertujuan memberikan motivasi kepada setiap orang agar memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya, dengan membuat panduan dan menuliskannya secara detail.

 

MHMMD merupakan sebuah konsep training yang lahir dari kisah nyata kesuksesan Marwah Daud Ibrahim sendiri. Ia lahir di daerah terpencil Takkalala, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Ia menamatkan pendidikan tingginya di Unhas dan kemudian melanjutkan program MA dan doktoralnya di Amerika. Di negeri Paman Sam itulah dengan segala keterbatasannya ia merencanakan hidupnya dengan sungguh sungguh. Membuat jadwal harian mingguan, bulanan, dan tahunan.

 

Dimana jadwal jadwal itu dilaksanakan secara sungguh sungguh sehingga ia mampu lulus tercepat kedua dari semua mahasiswa seangkatannya yang kebanyakan berasal dari negara negara Eropa. Metode kesuksesan itu juga ia pakai ketika menjadi anggota DPR, menjadi anggota ICMI dan berbagai jabatan penting lainnya dan hasilnya sangat maksimal. Metode itulah yang akan ditransformasikan kepada siapapun yang mau mengambilnya.  Karena ia bercita cita menjadikan Indonesia maju, berpengaruh dan memimpin.

 

Training yang dipimpin oleh 10 trainer dari MHMMD tersebut mengungkap berbagai tip sukses antara lain pentingnya mengaudit segala potensi diri.   Hal ini bisa diawali dengan sungguh sungguh  merenung tentang siapa diri kita dalam sejarah panjang peradaban manusia di bumi ini?. Apa tujuan penciptaan kita? dan yang paling penting bertanya tentang karya penting apa yang akan kita hasilkan?. Positioning seperti itu penting karena dengan itulah kita bisa memposisikan diri secara tepat, kemudian kita bisa melihat segala potensi dan dimensi yang ada dalam kehidupan kita secara lebih terpadu.

 

Selain itu masih ada beberapa kunci sukses yang lainnya antara lain napak tilas masa lalu, mengetahui potensi saat ini, merencanakan masa depan, pencarian peluang, fokus kepada tujuan yang ingin kita tuju, menyusun rencana, memetakan hidu secara jelas, memanajemen waktu, dan role model.

 

Training ini juga merupakan salah satu hal yang secara sungguh sungguh dipersiapkan Unissula dalam mengelola pekan taaruf/ ospek bagi mahasiswa baru pada bulan September mendatang.

Related News