Menu 

Dua Tim Unissula Siap Tempur di Kontes Robot Nasional

Thursday, July 12th, 2018 | Dilihat : 28 kali
(10) Robot Nasional

Gambar: Salah satu tim robotik Fakultas Teknologi Industri yang akan bertanding di Kontes Robot tingkat nasional di UMY 10-13 Juli 2018

Dua tim robotik mahasiswa dari prodi Teknik Elektro dan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Unissula akan berkompetisi di kontes robot Indonesia tingkat nasional yang akan dilaksanakan di UMY pada 10-13 Juli 2018. Tim D’aveccena 2.8  akan bertanding di kontes robot pemadam api Indonesia dengan anggota Indrajit Pratama, Aji Prayitno dan Ari Setiawan dengan pembimbing Eka Nuryanto Budisusila ST MT.

Sementara tim URT Rosso akan bertanding pada divisi kontes robot sepak bola Indonesia terdiri Junido Ardalli, Daniyah, Eka Kulana Pambudi, Susilo, La Ode Muhamad Idris, Arinan Najah Putra, dan Danang Hendrawan,  dengan pembimbing Bustanul Arifin ST MT.

Mereka lolos ke tingkat nasional setelah sebelumnya menjadi juara dan ditetapkan sebagai wakil resmi regional III universitas- universitas  Jateng, DIY, dan Kalimantan.

Pembimbing tim roboti Eka Nuryanto mengatakan “Sejak menjadi juara di kontes robot Indonesia regional 3 Jateng, DIY dan Kalimantan, dikuatkan dengan ketetapan Dirjen Belmawa Ristekdikti dalam pengumuman peserta kontes robot Indonesia nasional 2018, tim robot Fakultas Teknologi Industri Unissula yang terdiri dari tim robot pemadam api (KRPAI) dan tim robot sepak bola (KRSBI), telah mempersiapkan diri dengan seoptimal mungkin. Mulai dari pembenahan mekanik, sistem dan komponen elektronik, program perangkat lunak, hingga strategi dalam berlaga. Persiapan ini berdasarkan evaluasi pada kontes regional serta inovasi pengembangan teknologi terbaru”. Ungkapnya.

Masih menurut Eka tak kalah penting persiapan fisik dan psikologis personil tim robot dengan lebih intensif berlatih dan berdoa, termasuk ikhtiyar dengan memohon dukungan dan doa dari anak yatim dan para pengasuhnya.

“Selain itu, secara periodik dilakukan koordinasi seluruh tim dan pembimbing, untuk menyamakan persepsi dan membangun kekompakan tim, yang terdiri dari tim inti, tim mekanik serta tim pendukung yang memang harus saling bahu membahu. Dengan harapan seluruh tim akan tampil prima di Kontes Robot Indonesia nasional 2018 di UMY dan menjuarai kontes tersebut” Pungkas Eka.

 

Related News