Menu 

Santri Pesantren Unissula Dibiasakan Qiyamullail

Wednesday, September 28th, 2022 | Dilihat : 31 kali

(28) Qiyamullail

Unissula menyelenggarakan qiyamullail di Masjid Abu Bakar Assegaf kampus Unissula (28/9). Acara tersebut dihadiri oleh dosen, karyawan dan para santri Pesantren Mahasiswa Unissula. Tampil sebagai imam sholat KH Samsudin Salim MAg. Bertindak sebagai pembicara Dr Shidqon Prabowo MH. Ia menyampaikan pentingnya menjadi generasi khaira ummah yang qur’ani dan berakhlakuk kharimah.

Menurutnya dalam berdakwah harus memperhatikan teknik berkomunikasi yang baik. “Terdapat enam kata qaulan (perkataan) dalam AlQur’an yang merupakan perintah Allah SWT yang harus diterapkan di kehidupan sehari – hari.

Pertama,  qaulan makrufan yakni perkataan yang baik dan pantas. Baik sesuai norma masyarakat, dan pantas disampaikan kepada pendengar. Kedua, Qaulan Sadidan yakni menyampaikan perkataan yang benar dan membangun komunikasi yang kondusif supaya terciptanya efektivitas.

Ketiga, qaulan maysuran. Yakni, mengungkapkan sesuatu dengan kata – kata yang mudah dimengerti. Penyampaiannya pun harus dengan lemah lembut, dan penuh empati.

“Penggunaan bahasa yang mudah dipahami, dilakukan supaya orang lain mau mendengarkan apa yang kita katakan. Apalagi dalam konteks membangun generasi khaira ummah yang Qur’ani dan berakhlakul kharimmah,” ungkapnya.

Masih menurut pengasuh pesantren Ashodiqiyyah tersebut bahwa AlQur’an merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan pada Rasulullah sebagai pedoman hidup. Maka, sebagai anak muda hendaknya membaca satu ayat AlQur’an dalam satu hari, secara istiqomah. Supaya, dapat mengimplementasikan apa yang ada di dalam AlQur’an dalam kehidupan.

Keempat, qaulan karima yaitu pengungkapan sesuatu dengan kata – kata yang indah. Kelima, Qaulan Balighan. Yakni memaparkan hal secara ringkas namun, penuh makna. Supaya berkesan dalam hati pendengarnya. Terakhir, adalah Qaulan Layyinan. Yakni kata – kata yang mudah diungkapkan dan disampaikan secara lembut. Supaya, menarik minat pendengar dan apa yang disampaikan mudah dipahami.

“Penyampaian isi AlQur’an harus dilakukan dengan cara yang baik. Supaya orang lain dapat memahaminya dan mengimplementasikan dengan nyaman,” lanjutnya.

Selanjutnya, Wakil Rektor III Unissula, Muhammad  Qomaruddin ST MSc PhD menyatakan pentingnya kegiatan qiyamulail. “Qiyamullail merupakan media pembiasaan santri pesantren Unissula untuk beribadah, supaya terciptanya generasi khaira ummah yang Qur’ani dan berakhlakul karimmah,” pungkasnya.

Related News