Muhammad Yusuf ST MT mengikuti ujian terbuka doktor di Program Doktor Teknik Sipil (PDTS) Fakultas Teknik Unissula, Kamis (4/12/2024). Ia menyampaikan disertasinya yang berjudul pengembangan struktur perkerasan paving blok pada lokasi traffic light untukkeselamatan dan kenyamanan lalu lintas.
Para penguji antara lain Prof Ir Pratikso MST PhD, Prof Dr S Imam Wahyudi DEA, Prof Dr Ir Bambang Haryadi MSc, Prof Dr Ir Antonius MT, Dr Abdul Rochim ST MT, Ir Rachmat Mudiyono MT PhD, dan Dr Ir Soedarsono Msi.
Menurut Muhammad Yusuf ada banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan, antaralain karakteristik lalu lintas dan infrastruktur jalan. Selain itu juga dipengaruhi oleh kondisilingkungan, desain dan spesifikasi kendaraan, serta faktor manusia.
Objek penelitiannya yaitu infrastruktur jalan yaitu struktur jalan pada stop points traffic light karena kerawanan kecelakaan pada persimpangan jalan adalah sebagai penentu keselamatanlalu lintas dan kenyamanan berkendara.
Untuk mengatasi permasalahan infrastuktur jalan pada points traffic light yang menjadipenyebab keselamatan lalu lintas dan kenyamanan berkendara maka desain pada CBP (Concrete block pavement) menjadi salah satu solusi.
CBP sering digunakan untuk pembangunan trotoar, jalur sepeda, jalan masuk perumahanjalan, tempat parkir, kawasan industri serta pelabuhan dan bandara dan daerah yang permeabel.
Inovasi CBP yang dirancang khusus dapat menahan beban lalu lintas statis yang berat sepertiperkerasan kaku, dan ini dapat disesuaikan kembali jika diperlukan perubahan dalam tata letak perkerasan.
Di traffic light terjadi gaya rem dan traksi saat kendaraan mengerem di lampu merah, selanjutnya adanya gaya vibrasi pada saat menunggu lampu hijau sehingga perkerasan jalanyang menerima akibatnya yaitu perkerasan paving.
Tujuan penelitiannya mengetahui pengaruh gaya Rem, Vibrasi, Traksi dan Sentrifugalterhadap struktur perkerasan Jalan CBP. Yaitu mengetahui besaran nilai defleksi penurunandan pergeseran dari eksperimen laboratorium yang selanjutnya data tersebut divalidasimenggunakan Software Autocad dan APLIKASI PLAXIS V22.
Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Eksperimen murni denganparameter variasi dari pola (Herringbone 90o, Herringbone 45o, dan Basketweave), variasidari jenis paving type (Holland, Unidecor, dan Unipave) tebal 6 cm, 8 cm, dan 10 cm.
Penelitiannya menggunakan program Autocad dan APLIKASI PLAXIS V22. Program inimenemukan momen dan deformasi yang terjadi pada paving block yang dimodelkan yang terjadi akibat beban deformasi. Hasil yang diperoleh dari analisa eksperimen di lab dan program dihasilkan aspek interlocking, aspek penurunan paving dan aspek pergeseran. Dari semua tipe paving dan pola uji paving yang di ujikan baik secara horizontal dan vertikal hasilterbaik adalah paving type Unipave dengan pola Herringbone 45°.
Muhammad Yusuf ST MT berhasil lulus dalam ujian terbuka tersebut dan berhak menyandang gelar doktor dengan indeks prestasi Kumulatif 3.83.