Menu 

Kedokteran Gigi Unissula Hasilkan 614 Dokter Gigi Baru

Tuesday, July 9th, 2024 | Dilihat : 3 kali

IMG_5040

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH memberikan ucapan selamat kepada 13 dokter barudari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula. Ia menyatakan jika lulusan FKG Unissulasudah siap kerja dan siap mengabdi melayani kesehatan masyarakat. Pasalnya, lulusan FKG Unissula dididik dengan dukungan sarana dan prasarana yang mumpuni, yakni adanyaRumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang (RSIGM Unissula). Juga saranadan prasarana perkuliahan yang memadai.

“Prodi Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Unissula juga berhasil meraih akreditasiUnggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes), dan juga telah meraih akreditasi internasional dari Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities (ASIC),” jelasnya (9/7/2024).

Rektor Unissula mengatakan, pada tahun 2027 nanti diharapkan FKG Unissula telahmembuka Pendidikan Spesialis Gigi dan S3 (Doktor) Ilmu Kedokteran Gigi. Hal ini sebagailangkah, untuk memberikan layanan pendidikan gigi berkwalitas kepada masyarakat.

Sementara itu Dekan FKG, Dr drg Yayun Siti Rochmah SpBM mengatakan Indonesia saat inimasih kekurangan dokter gigi dan juga dokter spesialis gigi. Pasalnya, idealnya satu doktergigi melayani 1.000 pasien, namun kenyataannya saat ini, satu dokter gigi harus melayani1.800 orang pasien.

”Apalagi spesialis gigi, dokter gigi saja jumlahnya masih kurang. Selain kekurangan, saat inipenyebaran dokter gigi masih tidak merata. Kebanyakan dokter gigi berada di Pulau Jawa, sementara pemerataan kebutuhannya seharusnya menyebar di seluruh Indonesia. Oleh karenaitu, lulusan dokter gigi masih sangat dibutuhkan dalam melayani masyarakat, baik itu di Puskesmas, rumah sakit-rumah sakit, klinik-klinik dan fasilitas layanan kesehatan lainnya,” jelasnya dalam upacara Pengambilan Sumpah Dokter Gigi, Periode XXXIX tahun 2024 FKG Unissula, di kampus FKG Jalan Kaligawe Semarang.

Lebih lanjut dekan mengatakan “Kami berharap dokter gigi lulusan Unissula bisa membantukekurangan jumlah dokter gigi di tengah masyarakat. Sejak berdiri tahun 2008 FKG Unissulatelah meluluskan sebanyak 614 dokter gigi yang saat ini telah bekerja baik itu sebagaiAparatur Sipil Negara (ASN), maupun mengabdi di fasilitas kesehatan di swasta, ataumembuka praktek dan mereka tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Dekan mengatakan, jika dalam waktu dekat FKG Unissula akan membuka Pendidikan Spesialis Gigi dan S3 (Doktor) Ilmu Kedokteran Gigi. Terkait pembukaan S3 IlmuKedokteran gigi, telah dimulai dengan sejumlah persiapan, diantaranya saat ini membuatkurikulum.

Pada kesempatan ini, Dekan FKG Unissula menyerahkan lulusan (dokter gigi baru) kepadaKetua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah Jateng drg Sri YuniartiRahayu SpKG MARS. Hadir juga pada kesempatan ini, para wakil rektor. Sementara itu, tercatat sebagai lulusan terbaik adalah drg Dessy Adhira Nur Safitri.

Related News