Menu 

Kebidanan Unissula Perluas Kerjasama dengan BKKBN

Monday, June 10th, 2024 | Dilihat : 5 kali

WhatsApp Image 2024-06-10 at 14.32.33

BKKBN Jateng melakukan kerja sama dengan Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Unissula pada (4/6/2024). Kerjasama tentang intensifikasi kompetensi pelayanan kontrasepsi. Prodi Kebidanan yang terakreditasi unggul merupakan salah satu institusi pendidikan yang di tunjuk perwakilan BKKN Jateng untuk melakukan pelatihan preservice pelayanan KB.

Kerjasama tersebut dilanjutkan dengan MoU antara kedua institusi. MoU ditandatangani oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Eka Sulistia Ediningsih SH dan Kaprodi Kebidanan Rr Catur Leny Wulandari SSiT MKeb. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada kegiatan Peluncuran Pelayanan KB secara Serentak untuk mensukseskan pelayanan sejuta akseptor dalam rangka HKN ke-31tahun ini.

Ruang lingkup kesepahaman tersebut meliputi kegiatan konseling dan komunikasi, informasi dan edukasi) serta promosi program KB dan kesehatan reproduksi. Kegiatan pendidikan sebelum mahasiswa mendapat tugas sebagai SDM kesehatan dalam memberikan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi yang berkualitas bagi Masyarakat. Penyediaan sarana pelayanan program KB dan kesehatan reproduksi.

 

Eka Sulistia dalam sambutannya menyampaikan bahwa MoU dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian institusi pendidikan mengenai pentingnya program pembangunan keluarga, kependudukan, KB dan percepatan penurunan stunting. Disamping itu juga untuk mensinergikan sumber daya yang ada pada semua pihak yang didasarkan asas saling membantu, saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan. Hal ini agar dapat mengembangkan sumber daya manusia yang berkontribusi pada program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting melalui tridarma perguruan tinggi.

Sementara itu Catur Leny menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan langkah yang sangat penting. “Kami berharap MoU ini dapat segera di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan yaitu menciptakan keluarga berkualitas menuju Indonesia emas 2045. Secara bertahap Kebidanan Unissula dapat ikut serta dalam program-program yang dicanangkan oleh BKKBN Pusat atau Provinsi,” ungkapnya.

 

 

Related News