Menu 

Kebidanan Unissula Bentuk Posyandu Lansia

Wednesday, November 16th, 2022 | Dilihat : 21 kali

(16) Posyandu Lansia

Dosen kebidanan Unissula menginisiasi terbentuknya Kelompok Posyandu Lansia RW X, Kelurahan Tlogomulyo, Pedurungan, Kota Semarang (6/11/2022). Acara yang dilaksanakan di Gedung Posyandu setempat. Meilia Rahmawati K SST MKeb bersama Friska Realita SSiT MHKes mengadakan pelatihan bagi lima orang kader posyandu lansia tersebut.

Meilia Rahmawati mengatakan bahwa penyakit kronis maupun degeneratif banyak muncul di usia lanjut sehingga diperlukan pengobatan dalam jangka waktu yang lama dengan biaya yang besar. Oleh karena itu, pemeliharaan kesehatan lansia perlu dilakukan baik secara promotive maupun preventif.

Posyandu lansia merupakan gerakan swadaya masyarakat yang tujuannya adalah mengatasi permasalahan tersebut. drg Fatya dari Puskesmas Tlogosari Wetan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena lansia adalah salah satu sasaran kesehatan yang perlu diperhatikan juga selain ibu dan anak.

Friska Realita SSiT MHKes yang merupakan dosen kesehatan reproduksi Prodi Kebidanan Unissula juga mempraktekkan bagaimana menggunakan alat kesehatan yang dapat menunjang pelayanan di posyandu lansia.  Di akhir acara tim Departemen Kesehatan Reproduksi Prodi Sarjana dan Profesi Bidan menyerahkan beberapa alat kesehatan. Bantuan diserahkan kepada Nur Hidayah, Ketua Kelompok PKK RW X sebagai inventaris posyandu lansia RW X Tlogomulyo.

Related News