Menu 

Fikom Unissula Sukse Jalankan Ospek Kreatif

Monday, September 16th, 2013 | Dilihat : 1960 kali

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unissula menyelenggarakan ospek berjudul tur Fikom Unissula baru baru ini. Dengan tagline “Sambut Mahasiswa Baru Dengan Liburan Seru”. Mahasiswa baru tidak perlu takut dengan perlakuan senior karena justru ospek yang diselenggarakan bernuansa seru dan menyenangkan, karena  peserta dibawa pada suasana liburan yang nyata.

Para panitia yang  disebut Tour Guide menjemput peserta ospek dengan berdandan ala Tour Guide yang menjemput para turis di bandara, juga dengan membawa kertas bertuliskan “Fakultas Ilmu Komunikasi”, “Tur Fikom”, dan tulisan lain yang menarik perhatian. Setelah menjemput para mahasiswa baru sebagai turis dari bandara, para Tour Guide membawa mereka ke Fakultas Ilmu Komunikasi Unissula yang telah disulap menjadi Hotel Fikom. Mereka disambut oleh  resepsionis dan pelayan hotel yang memandu ke ruangan fakultas yang telah menjadi ballroom Hotel Fikom. Pada ballroom Hotel Fikom para akademisi fakultas seperti dekan, sekretaris, dosen beserta jajarannya membuka Tur Fikom yang dilanjutkan dengan materi orientasi oleh pihak fakultas.

Tur Fikom dilanjutkan dengan tur ke Cyber Library, studio Unissula TV, radio dan ruang Public Relations Unissula. Pada Cyber Library peserta tur mendapat informasi tentang perpustakaan yang telah beralih menjadi cyber, sehingga mereka sudah dapat menikmat perpustakaan yang sudah tidak konvensional lagi. Di studio Unissula TV dan radio peserta mendapat wawasan tentang informasi dasar dan peralatan yang ada dalam studio, yang kedepannya akan mereka gunakan dan erat dengan bidang ilmu komunikasi. Dan yang terakhir adalah ruang Public Relations Unissula, peserta mendapat banyak wawasan tentang kegiatan Public Relations Unissula, sehingga menjadi informasi dasar apabila ingin berkonsentrasi di bidang Public Relations.

Pada sesi berikutnya semua peserta dan panitia  sudah berpakaian ala liburan mengenakan topi, kacamata, dan atribut lainnya sebagai pelengkap liburan Tur Fikom. Peserta berkumpul di bagian bawah gedung fakultas yang telah menjadi lobby Hotel Fikom. Seluruh peserta sudah mendapat Fikom Passport berisi tabel yang harus mereka isi pada kegiatan pertama yaitu Jelajah. Peserta menjelajahi kampus didampingi tour guide untuk mencari tempat wisata dimana setiap tempat wisata akan ada petugas wisata yang akan menjelaskan salah satu dasar pada bidang Ilmu Komunikasi dan memberikan tugas pada peserta. Pada pos wisata pertama ada tempat wisata pantai dan peserta dituntut untuk kreatif dalam membuat yel. Dilanjutkan dengan pos kedua yaitu Lawang Sewu, peserta mendapat pengetahuan dasar tentang fotografi  dan mendapat tugas mengoperasikan kamera DSLR untuk mendapat objek foto terbaik. Pada pos ketigas Simpang Lima, peserta mengetahui bagaimana cara membuat berita yang baik dan membuat sebuah berita tentang Tur Fikom. Selanjutnya pada pos wisata yang empat ada Goa Kreo, dimana peserta berperan sebagai reporter yang melakukan reportase mengenai kegiatan Tur Fikom. Dan pos wisata kelima adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang memberikan tugas kliping berita.

Setelah melakukan Jelajah liburan masih belum berakhir, karena peserta dibawa ke area taman yang telah menjadi Pantai Fikom dengan berbagai atribut dan dihias seperti pantai. Di pantai Fikom peserta melakukan berbagai permainan dan inagurasi yang menyenangkan layaknya liburan seru, juga terdapat pengenalan organisasi dan kegiatan fakultas. Dan pada akhir kegiatan terdapat penyerahan hadiah untuk peserta pemenang kuis dan kompetisi.

Campaign dari Ilmu Komunikasi Unissula kali ini merespon opini sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa ospek adalah ajang menyiksa mahasiswa baru dengan berlaku kasar. Dengan Tur Fikom ini kami berhasil menyelenggarakan ospek yang seru, mahasiswa baru tidak perlu takut dan skeptis dengan ospek. Mari sambut mahasiswa baru, dengan liburan seru!” ujar Septian Luthfi, selaku Public Relations Tur Fikom.

Ospek yang diselenggarakan Fikom Unissula menjadi ospek yang berbeda dan unik karena tidak hanya sekedar memperkenalkan fakultas dan studi, namun juga mengkampanyekan ospek yang tidak memperlakukan mahasiswa dengan kasar namun tetap tegas dan dikemas dengan menyenangkan. Terutama dengan membawa suasana liburan yang nyata dan berhasil memberi pengalaman baru pada peserta untuk ospek dengan suasana liburan seru. Tur Fikom yang didukung oleh Telkomsel, infotembalang dan Stoic Shop ini juga menjadi perbincangan hangat di social media Twitter, tweet dengan mention @FikomUnissula dan tagar #TurFikom sempat menjadi trending topic regional kota Semarang.

“Tur Fikom ini beda banget. Pokoknya Tur Fikom asik banget, nggak nyesel ikut ini!” komentar Bayu Ady Mulyono, salah satu mahasiswa baru Ilmu Komunikasi Unissula sebagai peserta ospek.

Gambar: Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Komunikasi Unissula antusias ikuti ospek kreatif.

Related News