Menu 

Doktor Teknik  Sipil Unissula  Ungkap Solusi Kemacetan di Jalan Tol

Thursday, February 22nd, 2024 | Dilihat : 17 kali

WhatsApp Image 2024-02-21 at 07.36.16

Kemacetan merupakan kondisi yang kerap terjadi  di jalan tol. Oleh Karena itu perlu dicari solusinya. Hal itu disampaikan oleh Ir Widiyo Subiantoro MT dalam ujian terbuka di Program Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik Unissula (20/21/2024).

Menurutnya dalam jaringan jalan tol, exit ramp jalan tol atau pintu keluar jalan tol merupakan komponen penting yang memungkinkan pengguna jalan untuk keluar dari jalan tol dan bergabung kembali dengan jaringan jalan arteri sekunder. Salah Satu Penyebab adalah karakter exit ramp jalan tol. Permasalahan exit ramp  jalan tol terhadap jalan arteri sekunder.

Tujuan penelitiannya adalah mengidentifikasi kinerja  exit ramp jalan tol dan  jalan arteri sekunder akibat pembebanan lalu lintas di exit ramp jalan tol berdasar data yang diperoleh dari hasil survei primer.Mensimulasikan data kinerja exit ramp jalan tol dan jalan arteri sekunder. Memodelkan hubungan kinerja exit  ramp jalan tol dengan jalan arteri sekunder sekitar jalan tol. Memberikan rekomendasi panjang exit ramp  jalan tol yang optimal.

Ia menyimpulkan pengaruh exit ramp jalan tol terhadap jalan arteri sekunder  dapat dinyatakan bahwa lalu lintas exit ramp jalan tol memiliki hubungan yang signifikan terhadap panjang antrian jalan sekunder. Hasil penelitian dan  animasi visual dari Vissim, didapat pada jalan arteri sekunder  akan mengalami kemacetan jika tidak diatur panjang exit ramp nya.

Ir Widiyo Subiantoro MT berhasil lulus dalam ujian terbuka tersebut. Ia berhak menyandang gelar doktor dari Program Doktor Teknik Sipil Unissula dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,71. Ia merupakan lulusan Doktor ke 25.

Related News