Menu 

Mahasiswa Prancis Kuliah Umum di FT Unissula

Wednesday, July 18th, 2012 | Dilihat : 300 kali

Mahasiswa Prancis Kuliah Umum

Sebanyak 12 mahasiswa dari Ecole Spéciale des Travaux Publics (ESTP) atau Special School of Civil Engineering, Paris Prancis dan lima mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas seperti UNY, Unissula, dan ITB relawan Indonesia International Work Camp (IIWC) mengunjungi Fakultas Teknik Unissula (11/7). “Unissula merupakan universitas bagus terlebih perpustakaannya. Tadi kita juga sempat ikut kuliah umum mengenai proyek pembangunan jalan tol di Fakultas Teknik.” ungkap Mantiand Vince yang merupakan mahasiswa tahun kedua ESTP.

Kunjungan ini merupakan bentuk promosi kegiatan IIWC yang telah diselenggarakan kedua kali di Unissula. Kunjungan sebelumnya merupakan rombongan IIWC dengan peserta relawan dari Hong Kong Institute of Education pada bulan April silam. Kunjungan tersebut juga merupakan kampanye kepedulian terhadap ekosistem mangrove di Pantai Utara Pulau Jawa.

“Adanya kunjungan ini diharapkan menjalin silaturahmi, bertukar pikiran di bidang akademik, budaya, dan wawasan lintas negara serta saling  mendukung kegiatan kerelawanan internasional yang bermanfaat bagi pendidikan dan kesadaran mengenai permasalahan lingkungan dan sosial yang terjadi tidak hanya di Indonesia namun juga berbagai belahan dunia.” tutur Ifan Rikhza Auladi mahasiswa Fakultas Bahasa Unissula yang menjadi camp leader dalam work camp ini.

Kunjungan dari IIWC kali ini merupakan bagian dari kegiatan Gedong Songo Bilateral Work Camp IIWC yang berlangsung dari tanggal 3-15 Juli 2012. IIWC merupakan organisasi kerelawanan internasional yang bergerak dalam bidang kepemudaan dan penyelenggaraan kegiatan kerelawanan internasional. Kegiatan tersebut berupa kampanye kebersihan Candi Gedong Songo terhadap pengunjung, kunjungan dan perkenalan budaya ke universitas, pengajaran pendidikan lingkungan terhadap penduduk dan anak-anak sekitar Candi Gedong Songo, dan pengenalan budaya kepada para relawan tersebut berupa gamelan dan tari kuda lumping.

Kegiatan dimulai dari pukul 09.30, rombongan IIWC mengikuti kuliah umum di Fakultas Teknik Unissula dengan materi Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Bawen. Kegiatan selanjutnya kunjungan ke Cyber Library Unissula. Rombongan dikenalkan mengenai Cyber Library Unissula yang menjadi pusat kegiatan mahasiswa disamping masjid yang terletak berdekatan. Selesai mengunjungi Cyber Library, rombongan kemudian melanjutkan acara berupa diskusi. Diskusi tersebut mempertemukan mahasiswa Unissula dengan relawan IIWC yang membahas mengenai sistem kuliah di masing-masing fakultas. Kegiatan penutup yaitu pertandingan futsal persahabatan antara IIWC dengan klub futsal Fakultas Bahasa Unissula.

Related News