Menu 

Perdalam Bahasa, Unissula Hadirkan RELO Kedubes Amerika

Monday, June 25th, 2012 | Dilihat : 390 kali

UPT Pengembangan Bahasa Internasional Unissula menyelenggarakan diskusi dan curah gagas tentang pengembangan pengajaran Bahasa Inggris menghadirkan Mr Eran Williams, Deputi Regional English Language Officer (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat bertempat di Perpustakaan Cyber Unissula (25/6).

RELO adalah deputi yang  menyediakan konsultasi dan pelatihan pengajar Bahasa Inggris di seluruh Indonesia dan di negara-negara lainnya. RELO menekankan pada presentasi dan konferensi, seminar -seminar, konsultasi, dan dalam bentuk pelatihan Bahasa Inggris bagi Program Guru Bahasa Inggris Indonesia.” Papar eran dalam presentasinya.

Lebih lanjut, Eran menjelaskan mengenai berbagai program  yang mengundang antusiasme audiens seperti English Language (EL) Specialist, EL Fellows, English Acces Microsholarship Program, E Teacher Scholarship Program, dan E Teacher Scholarship Program  Courses.

Metode pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif menjadi sorotan pertanyaan para audiens yang hadir. Bahkan ada bebera papeserta yang hadir berharap adanya follow-up lanjutan dari acara ini berupa coaching atau workshop intensif.

Nalil Muna MA, Kepala UPT Pengambangan Bahas Unissula mengatakan Unissula sebagai institusi pendidikan sangat concern terhadap kompetensi global termasuk kemampuan berbahasa internasional yang harus dimiliki setiap civitas akademiknya. Penting untuk  berusaha untuk mengubah mindset para civitas akademika bahwa penguasaan bahasa internasional seperti bahasa Inggris merupakan syarat mutlak untuk bisa bersaing secara global, apalagi ke depannya Universitas yang dikenal dengan World Class Islamic Cyber University ini akan membuka kelas Internasional di beberapa fakultas.

Masih menurut dosen Fakultas Bahasa tersebut “Tidak bisa kita pungkiri hingga saat ini negara berkembang seperti Indonesia masih mengalami kendala dalam persaingan global. Secara hardskill dan softkill kemampuan anak bangsa tidak perlu diragukan lagi, hal ini bisa ditunjukkan dengan berbagai award yang diraih generasi muda dalam tingkat internasional. Namun sangat disayangkan jika prestasi mengagumkan tersebut harus terpuruk hanya karena penguasaan bahasa internasional yang masih jauh dari ideal”.

Acara yang berlangsung sekitar dua jam tersebut  dihadiri tidak hanya dari mahasiswa Fakultas Bahasa Unissula yang juga merangkap sebagai tutor Bahasa Inggris, namun ada juga dari mahasiswa lintas fakultas dan juga beberapa dosen.

Acara diskusi dan curah gagas tersebut ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Nailil Muna, Kepala UPT Pengembangan Bahasa UNISSULA dan Hartono, SS, MPd (Sekretaris Dekan Fakultas Bahasa) kepada Mr Eran.

Gambar: Mr Eran Williams, Deputi Regional English Language Officer (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat

Related News