Menu 

Berhasil Publikasikan Empat Riset Terindeks Scopus Dosen Ekonomi Unissula Raih Doktor Dengan Predikat Cumlaude

Tuesday, February 28th, 2017 | Dilihat : 437 kali
Dr Hendar copy

Gambar: Dr Hendar SE MSi mendapatkan ucapan selamat dari ketua sidang terbuka doktor yang sekaligus Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Dr Suharnomo SE MSi

Dosen Fakultas Ekonomi Unissula Hendar SE MSi berhasil meraih gelar doktor dari Program Doktor  Ilmu Ekonomi Undip setelah mengikuti ujian terbuka (27/2). Dosen bergelar doktor ke 22 di Fakultas Ekonomi Unissula tersebut lulus cumlaude dalam waktu 3 tahun 5 bulan dan 26 hari.

Hendar secara khusus mendapatkan pujian dari promotor Prof Dr Agusty Tae Ferdinand MBA, karena selama menempuh kuliah doktor ia berhasil mempublikasikan empat penelitian di jurnal internasional terindeks Scopus. “Dr Hendar adalah contoh pencari ilmu yang cepat dalam belajar, tekun, dan pantang menyerah, serta berhasil lulus dalam waktu relatif singkat dengan predikat cumlaude dan yang istimewa ia berhasil mempublikasikan empat risetnya di jurnal internasional terindek scopus, saya kira ini prestasi yang membanggakan” Ungkap Agusty.

Dalam ujian terbuka di depan tim penguji yang terdiri dari Sentot Suciarto A PhD, Prof Vincent Didik Wiet Aryanto PhD, Dr Harry Sutanto MKes, Prof Dr Tatiek Nurhayati Harahap SE MM, Prof Dr Agusty Tae Ferdinand MBA dan Dr Suharnomo SE MSi ia menyampaikan disertasi berjudul model keunggulan posisisonal religiosentrik studi empirik pada usaha mikro kecil menengah busana muslim di Jawa Tengah.

Menurutnya salah satu bisnis fashion yang menjanjikan adalah bisnis busana muslim, namun demikian pertumbuhan yang baik dalam bisnis fashion ternyata tidak diimbangi dengan kinerja yang baik khususnya pada pertumbuhan industri fashion skala mikro dan kecil. Bahkan pertumbuhan industri fashion hanya di sumbang oleh industri besar, sedangkan kontribusi industri kecil masih terbatas.

Diantara temuan menarik dalam penelitiannya antara lain kesuksesan UMKM dalam jangka panjang di segmen pasar berbasis religi ditentukan oleh sejauh mana perusahaan mampu membangun keunggulan posisional religiosentrik. Penting bagi pelaku UMKM senantiasa meningkatkan kesadaran bahwa agama memainkan peran sentral dalam membentuk sikap dan perilaku individu dan masyarakat. Dengan cara itu perusahaan dapat lebih fokus untuk menyediakan produk produk dan layanan perusahaannya sebagai perusahaan yang religious di mata pelanggan.

Lima hal yang perlu dilakukan yakni pertama, menciptakan kekhasan dalam pemosisian citra perusahaan religious. Kedua, menawarkan desain produk religi yang estetik. Ketiga menwarkan produk religi yang fashionable. Keempat, patuh pada norma norma religi. Kelima religious dalam display komunikasi pemasaran.

 

Related News