Menu 

FE UNISSULA Akan Dirikan S1 Ekonomi Islam

Tuesday, January 17th, 2017 | Dilihat : 894 kali

ekonomi copy

Fakultas Ekonomi Unissula berencana mendirikan program studi S1 Ekonomi Islam. Sebagaimana yang dibahas dalam focus group discussion (12/1) yang menghadirkan Dr Totok Prasetyanto B Eng MT (Direktur penguatan kelembagaan perguruan Tinggi) dan Irfan Syauqi Beik PhD Direktur CIBEST (Center for Islamic Business and Economic Studies) IPB. Mengusung tema  “Urgensi dan Signifikansi rencana pendirian program studi S1 Ekonomi Islam di FE Unissula”, acara yang berlangsung di ruang seminar FE ini dihadiri oleh 9 Doktor Ekonomi Islam FE, Dekan, WD1, Kajur S1 Manajemen, Kajur S1 Akuntansi, Kaprodi S2 Manajemen, Kepala SPM Unissula, Kepala BAPA.

Wakil Rektor 1 Dr Muhammad Haddin MT yang turut hadir dalam FGD menyampaikan dukungannya pada kegiatan ekspansi prodi di FE, “Setelah 3 prodi terakreditasi A yakni Akuntansi (S1), Manajemen (S1), dan Akuntansi (D3), pembukaan prodi baru akan membantu terwujudnya visi misi Unissula, yaitu rekonstruksi Ilmu Ekonomi bagi kemaslahatan umat” sambutnya.

Totok pun menyambut baik rencana pendirian prodi, “Saat ini sedang moratorium pendirian prodi baru dan universitas baru. Selain fokus pada peningkatan kualitas prodi-prodi yang sudah ada, maka ada baiknya rencana pendirian prodi Ekonomi Islam ini disiapkan dengan baik dengan mempertimbangkan untuk level S1 atau vokasi setara D4.” Paparnya.

Lebih lanjut menurut Totok, perekonomian bangsa masih membutuhkan bantuan dari SDM-SDM handal di bidang perekonomian, “maka akan sangat bagus kalo Unissula ikut berkontribusi pada penguatan sistem perekonomian di Indonesia.” tuturnya.

Sementara itu Irfan menambahkan “Saat ini sudah ada 256 prodi S1 Ekonomi Syariah di Indonesia, tetapi kebutuhan SDM yang mampu berpikir dan mengembangkan keilmuan tersebut masih dirasa kurang.” menurutnya ada 3 alasan kenapa kebutuhan ini sangat urgent. “yaitu alasan filosofis, alasan yuridis dan alasan syiar Islam. 3 alasan tersebut membuat pentingnya Unissula berkontribusi pada pemberian solusi atas masalah perekonomian.” terang Irfan.

senada dengan hal itu Dekan Fakultas Ekonomi Hj Olivia Fachrunnisa SE MSi PhD mengapresiasi atas masukan-masukan berharga yang diberikan kepada FE. “Dengan kekuatan 9 doktor ekonomi Islam yang dimiliki, maka Fakultas Ekonomi Unissula  menguatkan niat dan semangat untuk melanjutkan rencana pendirian Prodi S1 Ekonomi Islam.” Ungkap Oliv. “Kemajuan sebuah bangsa setidaknya bisa di intervensi dengan dua hal, yaitu sistem pendidikan dan sistem perekonomian. FE bertekat untuk itu.” pungkasnya.

Related News