Menu 

FAI Unissula Perdalam Pembelajaran Yanbu’a

Monday, May 23rd, 2016 | Dilihat : 311 kali

_MG_2688

Direktorat Pemakmuran Masjid (DPM) kerjasama dengan Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula menyelenggarakan Seminar “Cara baca tulis & menghafal Al-Qur’an melalui metode yanbu’a” pada sabtu (21/5). Acara yang berlangsung di masjid Abu Bakar Assegaf di ikuti oleh 150 peserta. Hadir sebagai narasumber Rektor Unissula, H Anis Malik Thoha Lc MA PhD dan Pengasuh Ponpes Tahfidz Yanbu’ul Quran, KH  Moch Ulil Albab Arwani.

Rektor Unissula dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaian apresiasi kepada panitia atas terlaksanya acara ini. “ Unissula dalam pencapaian visi dan misinya selalu menegaskan program progam yang sifatnya membawa dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Hal ini termasuk kegiatan yang terkait dengan kitab suci “ ungkapnya.

Anis juga berpesan untuk selalu mengamalkan dan menjaga Alqur’an .“ Al-qur’an merupakan surat cinta Allah kepada umat manusia, maka dari itu Alquran memiliki makna yang indah. Dan hendaklah kita selalu menyempatkan diri membaca surat cinta dari Dzat yang maha kasih sayang” tandasnya.

Sementara itu KH Ulil dalam materinya menyampaikan betapa pentingnya mempelajari Alqur’an. “ Ada beberapa keutaman Alqur’an diantaranya Alqur’an merupakan kitab yang paling utama. Selain itu Alquran juga merupakan mukzijat Nabi yang paling agun. Dan juga hanya membaca Alqur’anlah yang bisa mengantarkan kita kepada kebahagiaan” kata kyai.

Lebih lanjut KH Ulil menjelaskan tentang metode pembelajaran  Alquran dengan yanbu’a . Metode yanbu’a  merupakan metode baca tulis Alqur’an yang praktis, efektif dan efisien. Dengan menggunakan rosm utsmaniy metode ini terdiri dari tujuh jilid dan satu tambahan ghorib. Selain itu yanbu’a sebagai penunjang dalam pengajaran Alqur’an memiliki visi terciptanya generasi qur’ani yang amaly.

Sebagai penutup KH Ulil berpesan agar kita selalu cinta kepada Alqur’an. “ Di harapkan dengan adanya acara ini kita akan semakin cinta kepada Alquran dengan demikian hati kita akan selalu bersih dan bahagia” tutupnya.

Related News