Menu 

FIKOM Unissula Bersama KPID Jateng Kampanyekan Melek Media

Saturday, August 22nd, 2015 | Dilihat : 343 kali

fikomkpid

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Unissula bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah pada Rabu (19/8) menyelenggarakan acara Literasi Media di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa. Acara yang berlangsung di ruangan seminar lantai dua gedung Fakultas Ekonomi Unissula dihadiri oleh lebih dari seratus peserta yang terdiri dari pelajar SMA antara lain dari SMA Sultan Agung 3 dan SMA Negeri 10 Semarang serta mahasiswa. Hadir sebagai narasumber Achmad Djunaidi dari KPID Jateng, Zaenal Abidin Petir Spd SH MH dari Komisi Informasi Provisinsi (KIP) Jawa Tengah, Trimanah MSi Dekan Fikom Unissula serta Moderator diskusi Made Adnjani MSi MIKom.

Diselenggarakanya acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para pelajar dan mahsiswa dalam mencerna informasi yang didapat dari media massa.D engan adanya literasi media diharapkan mereka bisa memilah informasi atau tayangan yang baik, bermutu dan mendidik. Tidak hanya sekedar menonton tayangan yang hanya mengandung unsur hiburan semata tanpa memandang norma dan etika yang berlaku di masyarakt.

Menurut Trimanah MSi, Dekan Fikom Unissula memaparkan bahwa media seperti pisau bermata dua, bisa menjadi baik dan bisa juga mnejadi buruk tergantung kepada perspektif pemirsa bagaimana pemirsa menilai dan mecerna informasi yang masuk. Disamping itu Ia juga mencanangkan perlunya Gerakan Melek Media (GMM) sehingga generasi muda sekarang tidak hanya menjadi pemirsa yang mudah terpengaruh oleh arus media.

“Generasi pemuda sekarang harus melek media dan bisa menyaring informasi yang masuk, apalagi sekarang informasi bisa didadapat dengan mudah baik melalui gadget di media online ataupun melalui media lainya” teran Dekan Fikom.

Sementara itu Zainal Abidin Petir yang sudah berpengalaman sebagai praktisi media baik sebagai jurnalis maupun sebagai komisioner di lembaga komisi penyiaran memberikan pemaparan kepada peserta bagaimana pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi siaran atau tayangan yang ditayangkan oleh media. “Masyarakat harus turut aktiv dalam ikut mengawasi penyiaran media kita, sehingga media penyiaran indonesia menjadi lebih baik dan mendidik masyarakat. Kalau ada tayangan yang tidak sesuai dengan norma dan etika masyarakat laporkan langsung ke KPID” Tegas Zaenal Petir.

Related News