Menu 

Unissula Siap Sukseskan Program Kemensos RI

Friday, May 15th, 2015 | Dilihat : 478 kali

IMG_8579

Rektor Universitas Islam Sultan Agung  (UNISSULA) H. Anis Malik Thoha Ph.D menandatangani kesepakatan kerjasama (MOU) tentang pembangunan dan pengembangan Desa Sejahtera Mandiri (DSM) yang dihadiri langsung oleh Mentri Sosial RI Ibu Khofifah Indar Parawansa yang dilaksanakan di kantor Kementrian Sosial  Jakarta (7/5).

Maksud dan tujuan dari kerjasama tersebut adalah untuk melibatkan Perguruan Tinggi (PT) secara langsung dalam membangun Indonesia melalui program pembangunan DSM sehingga terwujud senergitas antar pemangku kebijakan bidang kesos dan bidang lainnya di desa dan terbangun solusi bersama yang komprehensif terhadap permasalahan yang dihadapi di Desa. Selain itu PT juga dapat menerapkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke-tiga yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Disamping itu tujuan pembangunan DSM adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulan kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokas serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Sehinga diharapkan masyarakat yang tinggal di lingkup DSM bisa berkembang, sejahtera dan mandiri.

Dalam himbauanya Mentri Sosial RI mengajak kepada seluruh PT untuk ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan DSM sebagai salah satu program utama pemerintah untuk mensejahterakan bangsa Indonesia. “Desa Sejahtera Mandiri ini adalah salah satu program utama pemerintah, untuk itu bagi perguruan tinggi terpilih diharapkan turut serta mensukseskannya dengan sungguh-sungguh”, ungkap Khofifah.

Sementara itu dalam acara yang sama rektor Unissula menekankan akan pentingnya pelaksanaan tri dharma PT, dalam hal ini Pengabdian masyarakat. Karena dalam butir pendidikan dan penelitian tidak akan berguna tanpa adanya implementasi kepada masyarakat dalam bentuk pengabdian. “Pendidikan dan penelitian pada akhirnya akan bermanfaat jika dapat diimplementasikan kepada masyarakat dalam bentuk pengabdian”, terang Anis.

Unissula merupakan salah satu dari 14 perguruan tinggi  terpilih yaitu STKS Bandung, Unissula, UGM Yogyakarta, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Islam Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhamadiyah Malang, Universitas Negeri Jember, Universitas  Mulawarman, IAIN Antasari Banjarmasin, Universitas Hasanudin Makasar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Andalas Padang dan Universitas Jambi serta Yayasan Budha Tzu Chi yang diharapkan dapat mendukung program unggulan dari Kemensos RI tersebut.

 

 

Related News