Menu 

Mahasiswa Unissula Populerkan Bahasa Jawa di Konferensi Internasional

Monday, April 27th, 2015 | Dilihat : 539 kali

Banda Aceh

Nafisa Syahida Rahmadani mahasiswa Fakultas Bahasa Unissula akan mempresentasikan paper penelitianny pada International Joint Conference yang diikuti dari negara multilateral yaitu Indonesia, Malaysia, Bangladesh, serta Irlandia (IJCIMBI) yang bertempat di Universitas Ubudiyah Indonesia – Banda Aceh (27-28/4).

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tersebut akan mengangkat tema Don’t Let Javanese Language Become Extinct by Using Javanese Language to Preserve Cultural Heritage of Indonesia In Java Youth Scope.

Menurutnya “Bahasa Jawa memiliki keunikan dan keistimewaan karena memiliki tingkatan antara lain ngoko, kromo, kromo inggil yang harus di sesuaikan dengan siapa seseorang tersebut bicara. Namun sayangnya seiring perkembangan zaman dan munculnya pengaruh asing dapat menjadikan Bahasa Jawa menjadi sesuatu yang asing bagi generasi muda,. Oleh karenanya sangat penting yuntuk terus mempopulerkan dan memperkenalkan Bahasa Jawa termasuk melalui konferensi internasional” ujar Nafisa.

Menurut Wakil Rektor bidang kemahasiswaan Unissula Sarjuni SAg MHum “Keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan akademik pada lingkup internasional sangatlah penting. Beberapa manfaat yang didapat dengan mengikuti kegiatan konferensi internasional ini antara lain yaitu mengasah kemampuan mahasiswa  dalam berdiplomasi, berbicara di forum internasional, berorganisasi, menambah wawasan mengenai isu-isu yang berkembang di dunia akademik dalam skala internasional, sarana untuk ajang berkompetisi memberikan argumen terbaik, serta berkesempatan untuk membangun jaringan kerjasama pada level internasional. Tujuan-tujuan tersebut sesuai dengan visi dan misi kampus tercinta Universitas Islam Sultan Agung Semarang dalam rangka menunjukkan reputasi Internasional sebuah perguruan tinggi  menuju universitas bereputasi internasional berbasis Islam (world class Islamic university)” tandas Sarjuni.

1st International Joint Conference Indonesia – Malaysia – Bangladesh – Ireland  merupakan ajang bergengsi dalam forum internasional oleh para peneliti muda yang diikuti sekitar lebih dari 100 perwakilan mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia serta beberapa universitas dari berbagai negara untuk berkompetisi mempresentasikan hasil research mereka dan yang terbaik akan diterbitkan di International Journal.

Gambar: Nafisa Syahida Rahmadani berfoto bersama Wakil Rektor III Sarjuni SAg MHum sebelum bertolak menuju Banda Aceh.

Related News