Menu 

HMJ FTI Adakan Seminar Public Speaking

Friday, April 24th, 2015 | Dilihat : 1263 kali

public_speaking

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurusan Teknik Industri FTI Unissula mengadakan workshop Public speaking dengan tema “Defeat the nervousness, increase and make your communication skill better”. Workshop tersebut terselenggara di aula lantai 3 FTI Unissula pada hari Sabtu (11/4) dengan pembicara, seorang akademisi sekaligus praktisi komunikasi, Made Dwi Adnjani MSI MIKom.

Workshop Public speaking ini diadakan atas dasar kesadaran bahwasannya kemampuan mahasiswa tidak hanya diukur dari Indek Prestasi, akan tetapi softskill yang dimilikinya, salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi, terlebih lagi berbicara di depan publik. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking, terutama mengatasi nervous dan demam panggung. Maka dari itu dalam kesempatan ini, HMJ FTI menghadirkan narasumber yang tidak hanya memahami teori komunikasi akan tetapi juga merupakan praktisi public speaking yang berpengalaman.

Dalam paparannya,  Made Dwi Adnjani memberikan motivasi mengingat banyaknya mahasiswa yang merasa tidak berbakat menjadi public speaker. “kemampuan berbicara di depan umum memang muncul karena bakat, akan tetapi faktanya tidak ada orang yang terlahir sebagai pembicara. Seseorang bisa menjadi pembicara efektif karena proses belajar dan berlatih serta lingkungan yang kondusif”, terang Made.

Ia juga menyampaikan beberapa gejala demam panggung, seperti detak jantung semakin cepat, lutut gemetar, berkeringat, suara bergetar,pusing, kejang perut/mual, mata berair, lupa materi, dan lain sebagainya. Banyak tips yang dibagikan Made terkait hal itu. “Jika kita mengalami gejala semacam itu, jangan panik dan harus berusaha tetap tenang. Kita bisa lari-lari kecil atau melakukan kegiatan fisik lainnya, kemudian menganggap bahwa demam panggung adalah hal yang wajar. Yang jelas persiapan dan latihan adalah kunci dari keberhasilan di atas panggung”, ungkap Made.

Workshop tersebut dihadiri tak kurang dari 100 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan Unissula. dimeriahkan dengan hiburan band akustik serta pembagian doorprie dari narasumber kepada mahasiswa yang aktif bertanya serta menyampaikan pendapat.

Related News