Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) fasilitasi penyelenggarakan kegiatan Motivator Mandiri Bagi Masyarakat (Komunitas RT/RW, Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Komunitas Lainnya) di Ruang sidang Biro Rektor Lt. II Unissula (5/12). Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Dalam sambutannya, Wakil Rektor III unissula mengharapkan bahwa acara ini dapat berjalan dengan baik dan peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman bagaimana menjadi konsumen yang cerdas.
Tema dari kegiatan ini adalah Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Perlindungan Konsumen. Kegiatan ini menghadirkan tiga panelis yaitu Sri Endang Ambarawati (Kemendag RI), Novian Damayanti (BPOM RI) dan Drs. Gunarto MM (BPSK Semarang). Dalam kegiatan yang berlansung selama tiga jama ini para peserta diberi pemaparan mengenai bagaimana menjadi konsumen cerdas, bahan dan kemasan pangan yang berbahaya bagi kesehatan dan tata cara penyelesaian sengketa konsumen.
Perlu diketahui bahwa kegiatan ini merupakan angkatan ke 5. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 100 orang yang berasal dari mahasiswa unissula, komunitas RT/RW, pemuda, tokoh masyarakat dan komunitas lainya.
Konsumen Cerdas
Sosialisasi ini berhubungan dengan bagaimana masyarakat Indonesia akan menanggapi dan mengantisipasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015. Pada Intinya,Konsumen cerdas adalah konsumen yang bukan hanya sekedar mengkonsumsi apa saja yang tersedia di pasaran, tetapi jugajuga kritis dan berani memperjuangkan haknya apabila barang/jasa yang dibelinya tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan tidak sesuia dengan yang diperjanjikan, tetapi konsumen juga harus megerti akan kewajibannya.
Selain itu peserta diajak juga meningkatkan tanggung jawab sosialnya sebagai konsumen yaitu dengan cara :Membeli Produk Indonesia, Bijak Menjaga Bumi dan juga Pola Konsumsi Pangan yang Sehat