Menu 

Mahasiswa FE Ikuti Student Mobility di Malaysia

Friday, September 5th, 2014 | Dilihat : 543 kali

IMG_4633 (1) copy

Fakultas Ekonomi Unissula semakin mengepakkan sayap untuk go internasional.Olivia Fachrunnisa SE Msi PhD, Dekan FE melepaskan 3 mahasiswanya untuk mengikuti program student mobility di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) (3/9). Ketiganya adalah mahasiswa Prodi Manajemen yaitu Waode Intan Rizki Amalia, Imroatul Husna, dan Hermawan Riyanto

Dalam sambutannya, Olivia menyatakan bahwa program student mobility ini sangat istimewa karena tiga mahasiswa akan belajar di UKM yang merupakan universitas negeri rangking satu di malaysia. Di mana tidak mudah menjalin kerjasama dengan universitas tersebut. “Semester ini FE memulai menjalankan program student mobility. Dan kalian nanti akan belajar di Universitas negeri di malaysia dan merupakan top renk atau rengking satu di sana. Dan perlu diketahui untuk mendapat perjanjian kerjasama dengan UKM tidak mudah. Karena mereka mencermati kurikulum yang ada di kita dan membandingkan dengan milik mereka, untuk melihat apakah ada kesetaraan kompetensi”.

Olivia juga menyatakan sebelum program student mobility ini, FE memberangkatkan  mahasiswanya untuk mengikuti Asia Summer program. Tahun 2013, 3 mahasiswa dikirim ke Universitas Dongseo, Korea Selatan, kemudian bulan lalu 3 mahasiswa dan 2 dosen di kirim ke Universiti Malaysia Perlis. Dari progres tersebut, FE melangkah untuk melaksanakan program yang lebih tinggi yakni Transfer credit. Ditargetkan dalam satu sampai dua tahun ke depan, FE mampu menjalankan student exchange. “Asia summer program adalah short course, mahasiswa dikirim hanya 3 minggu untuk belajar di negara lain. Dari progres itu, kita melangkah ke yang lebih tinggi, yaitu transfer kredit atau student mobility ini. Dalam program ini, mahasiswa mengambil mata kuliah 9 – 15 SKS, mereka belajar di sana kurang lebih 1 semester untuk kemudian nilainya dapat dikonversikan di sini. Dan setelah program ini sukses, satu sampai dua tahun ke depan kita harap tidak hanya mengirim mahasiswa, tapi juga menerima mahasiswa luar untuk belajar di sini, atau student exchange. Kelas internasionalnya sudah mulai dirintis, salah satunya dengan menggunakan bahasa inggris dalam perkuliahan”.

Hermawan Riyanto, mewakili kedua temannya menyampaikan terima kasih yang mendalam untuk seluruh pimpinan FE atas kesempatan dan fasilitas yang didapat. “terima kasih untuk bu Dekan, kaprodi, kabag kemahasiswaan dan semuanya atas kesempatan yang kami dapat. Kami mohon do’a dan dukungannya agar semua berjalan lancar, mulai dari berangkat hingga kita mengikuti perkuliahan di sana”.

Mahasiswa yang dikirim untuk mengikuti program student mobility ini dipilih berdasarkan kompetensi akademik dan penguasaan bahasa inggris. Bulan februari mendatang mahasiswa dari program studi akuntansi akan menyusul untuk diberangkatkan mengikuti program yang sama. Olivia berharap agar para mahasiswa tersebut dapat memperkenalkan unissula di dunia internasional. “harus ada sharing knowledge di sana nanti, ada nilai-nilai unissula yang diseb

Related News