Menu 

FAI adakan Pembekalan Menuju Pengadilan Agama

Monday, August 11th, 2014 | Dilihat : 720 kali

ppl1

Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula Jurusan Syari’ah program studi al-Akhwal as-syakhsiyah, memberikan pembekalan kepada mahasiswa jurusannya untuk persiapan Praktek Pendidikan Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama (PA) Demak (8/8). Pembekalan dilaksanakan di Gedung FAI lantai 2, diikuti oleh 55 mahasiswa syari’ah semester enam. Dengan pembicara Soleh SH dan Drs Nur Salim SH Mahasiswa dibekali tata cara dan norma-norma yang harus diikuti selama melaksanakan PPL.

Kegiatan PPL ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh mahasiswa semester enam, karena merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa jurusan Syari’ah. Ketua pelaksana PPL sekaligus Sekjur Syari’ah, H Tali Tulab SAg MSI menjelaskan bahwa PPL mengajarkan kepada mahasiswa tentang ilmu Kepengacaraan secara praktis. “PPL adalah wahana pendidikan dalam bentuk perlibatan mahasiswa untuk mengamati praktek di PA. Mahasiswa perlu mengetahui hakekat PPL seperti apa, mereka akan mendapatkan manfaat dan tambahan wawasan tentang kepengacaraan secara praktis. Kalau hukum acara secara teori kan mahasiswa sudah dapat di kelas, Hukum Acara Perdata dan Hukum Acara Pengadilan Agama”. Hal tersebut juga di amini oleh oleh Kajur Syari’ah Yasien Arif SH MH, “tujuan adanya PPL ini adalah untuk melengkapi teori yang mereka dapat di kelas”.

Seperti tahun-tahun sebelumnya PPL kali ini akan dilaksanakan di Pengadilan Agama Demak selama satu bulan penuh, mulai 11 Agustus sampai 11 September. Peserta PPL akan diberangkatkan dari FAI pukul 07.00 pagi menuju PA Demak pada hari senin (11/8). Ketua pelaksana memiliki wacana untuk melaksanakan PPL di Kantor Urusan Agama (KUA), akan tetapi hal itu belum terealisasi tahun ini. “saya ingin sekali PPL dilaksanakan di KUA, tapi itu masih wacana dan tahun ini belum bisa terealisasikan. Kenapa kami memilih PA Demak untuk PPL, karena selain jaraknya lebih dekat frekuensinya lebih tinggi, jumlah kasusnya banyak di situ. Lagi pula hubungan kami sudah sangat baik dengan PA Demak. Apalagi sekarang ketua PA Demak sedang studi di Unissula, ambil S3 di Fakultas Hukum. Wakil ketua PA, bu Laila sangat welcome dengan kita karena melihat pengalaman yang lalu-lalu, mahasiswa dari sini dinilai sangat positif, indikatornya ya absensinya penuh, antusiasmenya tinggi, sangat disiplin dan tidak ada permasalahan. Maka dari itu saya menekankan kepada mahasiswa agar menjaga norma-norma yang ada. Budaya Akademik Islami juga harus selalu ditegakkan, karena bagaimana kampus kita dinilai dari mahasiswa-mahasiswa itu”. jelas Tali Tulab.

Dari mengikuti PPL ini, tidak jarang mahasiswa mengambil judul Skripsi dari kasus-kasus yang terjadi di PA Demak. Dan mereka akan lebih siap untuk menjadi hakim, pengacara, dan panitera yang profesional.

Related News