Menu 

Khutbah Monumental yang disampaikan Rasulullah

Friday, June 27th, 2014 | Dilihat : 567 kali

IMG_4344

Unissula mengadakan tarhib ramadhan bertempat di masjid kampus (27/6) yang dihadiri dosen karyawan dan mahasiswa. Ketua Yayasan Badan Waqaf Sultan Agung (YBWSA)  Hasan Toha Putra MBA yang menjadi pembicara dalam kesempatan tersebut  mengajak semua hadirin untuk menjadikan Ramadhan guna meraih ridho Allah tanpa mengharapkan apapun yang bersifat duniawi. “Mari kita semua berkomitmen dalam hati dengan mengucapkan, saya akan mengikuti apa yang Allah perintahkan dan meninggalkan apa yang menjadi larangan Allah. Marilah kita semua mewaqafkan diri kita hanya untuk Allah, hanya untuk mengharapkan ridho-Nya. Jika dalam menjalankan pekerjaan  ini kita mengharapkan harta, atau jabatan, itu hanyalah hal yang sementara dan bersifat semu. Ridho Allah lah yang kita harapkan di dunia dan akhirat” ungkapnya.

Selain mengajak untuk mewaqafkan diri dan mengharap Ridho Allah, ia juga  membacakan Khutbah Monumental yang disampaikan Rasulullah dalam menyambut bulan ramadhan. Dalam Khutbah tersebut, beliau mengingatkan bahwa telah datang bulan yang di dalamnya penuh ampunan dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Di dalam khutbah tersebut disampaikan pula segala hal yang berkaitan langsung dengan Ramadhan. Mulai dari janji-janji Allah terhadap mereka yang bersungguh-sungguh menjalani ibadah Ramadhan, amalan-amalan yang harus dan sunnah dikerjakan selama Ramadhan, hingga tentang tata cara menjalankan seluruh rangkaian ibadah tersebut.

Salah satu penggalan khutbah Rasulullah yang menggetarkan dalam menyambut Ramadhan itu adalah, “Wahai ummatku, akan datang kepadamu bulan yang mulia, bulan penuh berkah, yang pada malam itu ada malam yang lebih mulia dari seribu bulan. Itulah malam di mana Tuhan memberi perintah bahwa kewajiban puasa harus dilakukan di siang hari dan Dia menciptakan shalat khusus (tarawih) di malam hari….” (HR. Ali Ibn Abi Thalib).  Ketua panitia Ramadhan di kampus Unissula, Zainuddin SAg MM. menyampaikan bahwa selama bulan ramadhan nantinya akan ada berbagai kegiatan guna meningkatkan pengetahuan dan penerapan nilai-nila Islam dalam kampus unissula.  “Dalam bulan ramadhan nantinya akan banyak kegiatan, seperti Qiyamul lail, tarling atau tarawih keliling, khotmil Qur’an, hingga peringatan nuzulul Qur’an. Ada satu hal lagi yang istimewa dan belum pernah ada sebelumnya, yaitu kajian pemikiran Islam, seri: Pengantar islamic epistimologi yang akan dilaksanakan tanggal 7-11 Juli di ruang sidang biro rektor lantai II. Dalam kajian ini yang menjadi pembicara adalah rektor Unissula, Anis Malik Thoha MA PhD dan pesertanya adalah para pejabat kampus mulai dari Wakil Rektor dekan-dekan, ketua lembaga, biro, dan UPT di lingkungan Unissula”, ungkap Zainuddin.

Related News