Menu 

Pelatihan BUDAI Program Pascasarjana

Monday, January 20th, 2014 | Dilihat : 489 kali
20114c

Gambar : Dr dr Rofiq Anwar SpPA memberikan ceramah pada pelatihan Budai program Pascasarjana

Pascasarjana Unissula menyelenggarakan Pembekalan budaya akademik islami (Budai) Sabtu (11/1) di aula  Fakultas Ekonomi. Kegiatan tpersebut merupakan yang perdana dilaksanakan pascasarjana Unissula, Dr Heru Sulistyo direktur pascasarjana menyampaikan bahwa sangat penting bagi mahasiswa pascasarjana mendapatkan pembekalan budaya akademik islami(Budai) ini untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari yang dalam perkembangan ilmu pengetahuan sangat penting untuk diterapkan, heru menambahkan kemajuan peradaban islam maju karena sifatnya yang universal

Sementara itu Wakil Rektor III Dr  H Mustaghfirin  dalam sambutannya mengamini apa yang disampaikan direkturpascasarjana Unissula tersebut ilmu pengetahuan yang berkembang saat ini dibuat kaum moderat dan liberal sehingga  sehingga tidak dilandasi oleh nilai nilai agama  baik dibidang ekonomi, hukum, sosial, budaya dll. Sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan kembali dan mengimplementasikan kaidah ilmu yang berbasis nilai keagamaan.

Sementara itu Dr H Rofiq Anwar SpPA dihadapan 265 mahasiswa menyampaikan bahwa manusia adalah mahluk yang tidak pernah merasa puas dalam segala hal, manusia selalu mencari kesepurnaan yang tidak akan pernah mereka capai, karena kesempurnaan hanya milik  Allah.

Puncak prestasi manusia dalam beberapa dekade terakhir adalah prestasi berfikir, dengan berfikir manusia bisa membuat sesuatu yang belum pernah dicapai oleh peradaban terdahulu, dengan berfikir manusai mampu menguasai dan merajai, dengan berfikir manusia menjadi serakah dengan mengagungkan sifat hedonisme, dengan berfikir pula manusia menciptakan kehancuran untuk dirinya sendiri.

Dalam sejarah peradaban manusia, peradaban Islam adalah peradaban terbaik yang pernah ada.Oleh karena itu Islam hadir dengan pedoman yang jelas dan terbukti kebenaranya yaitu Alqur’an dan sunnah Nabi Muhammad.

Muhammad SAW adalah nabi dan rasul terahir yang diutus oleh Allah untuk menyempurnakan ahlak manusia melalui ajaran Islam dan dengan dianugrahi mukjizat berupa Alqur’an yang telah dijamin dan dijaga oleh Allah akan keaslianya sampai kiamat. Alqur’an adalah mukjizat paling agung yang pernah dianugrahkan Allah kepada Rosul-Nya karena mukjizat selain itu hanya bisa disaksikan oleh orang-orang yang hidup pada jaman tersebut, sedangkan Alqur’an adalah mukjizat yang dapat dinikmati, dipelajari dan dianut dimanapun oleh seluruh manusia di seluruh belahan bumi dan sepanjang masa.

Oleh karena itu jika manusia khususnya umat Islam menginginkan kejayaanya maka umat Islam harus kembali sepenuhnya kepada Alqur’an dan hadist, tidak hanya menggunakan Alqur’an dalam prosesi ritual tapi menggunakan Alqur’an sepenuhnya sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Related News