Menu 

Tutup Tahun 2013 Dengan Mengkaji Alqur’an

Friday, January 3rd, 2014 | Dilihat : 496 kali

3114

Menjelang berakhirnya tahun 2013 Dewan Presidium Mahasiswa Unissula mengadakan kegiatan Unissula ku Mengaji di Masjid Abu Bakar Assegaf (31/12), ribuan civitas akademika baik mahasiswa, dosen dan karyawan turut hadir dan melantunkan ayat suci Alquran serta mengkhatamkannya. Ini merupakan sebuah wujud implementasi pendidikan berbasis karakter. Menurut Muhammad Syaiful Malik Ketua Dewan Presidium Mahasiswa Unissula Alquran merupakan ayat suci yg diturunkan oleh Allah SWT kepada baginda Rosulullah Muhammad SAW. “Alquran memiliki banyak manfaat dan makna. Sehingga melalui kegiatan seperti ini kami mengajak untuk mewujudkan generasi khaira ummah yang sebenarnya di kampus tercinta ini” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor III Dr H Mustaghfirin mengapresiasi kegiatan ini, antusiasme yang baik menandakan bahwa kita telah siap menyongsong kehidupan yang lebih baik di masa depan. Dikatakan di dalam ayat-ayat Alquran terdapat berbagai penjelasan tentang ilmu-ilmu pengetahuan. Bila ingin mengetahuinya bacalah Alquran. Menghimbau agar serius dalam memahami Alquran dan kedepannya kita akan bentuk kajian-kajian tematis mengenai Alquran. Lebih lanjut ia mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan spirit cinta membaca Alquran menyongsong tahun baru 2014 bagi seluruh civitas akademika Unissula sebagai salah satu perwujudan dari pengamalan budaya akademik islami.

Prof Laode M Kamaluddin menambahkan jika seluruh kandungan ayat Alquran kita kupas, maka dengan tinta tujuh lautan pun tak akan mampu untuk mengurainya. Allah tidak membutuhkan kecerdasan, kitalah yg membutuhkannya. Diterangkan dalam QS Al Baqarah 2:2 “Dzaalikal-kitaabu laa roiba fihi hudal-lilmuttaqiina” yang artinya Itulah Kitab, tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi orang-orang bertakwa. Alquran di dalamnya tidak ada keraguan, diharapkan selain membaca juga memahami kandungannya dan yang terpenting dan utama adalah melaksanakannya.

Gambar: Pimpinan universitas pimpin langsung acara menghatam Alquran. 

Related News