Menu 

Mahasiswa Fikom Unissula Juara Nasional Marketing Plan

Tuesday, December 31st, 2013 | Dilihat : 458 kali
221213

Gambar: Septian Luthfi

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unissula, Septian Luthfi berhasil meraih juara dua pada PaperOne University Student Contest kategori Marketing Plan baru baru ini. Atas prestasinya tersebut ia berhak mendapat hadiah pembinaan senilai Rp 5.000.000.

Saat memberitahukan keikutsertaan dan kesuksesannya pada dekan Fikom Trimanah MSI (21/12) ia mengatakan lomba tersebut  diselenggarakan secara nasional yang dimulai pada bulan Agustus 2013 lalu. Yang diawali dengan pengiriman karya tulis untuk kategori marketing plan, desain, atau metodologi penelitian sampai batas pengiriman yaitu 1 November.

Pada tanggal 15 November 2013 diumumkan lima finalis untuk tiap kategori. Para finalis melakukan presentasi karya di gedung Datascrip Jakarta. Septian Luthfi berhasil menjadi finalis kategori Marketing Plan dan bersaing dengan finalis dari berbagai universitas seperti Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Bunda Mulia.

Fian membuat karya  strategi komunikasi dengan tujuan mendekatkan PaperOne pada konsumen. Menurutnya produk kertas memiliki bentuk fisik yang tidak jauh berbeda dengan produk kertas lainnya yang berbentuk persegi dan tidak memiliki ciri khusus, yang berdampak pada perilaku konsumen tidak peduli pada merek kertas karena mereka berpendapat semua produk kertas sama saja. Setelah menganalisa masalah, Fian menentukan strategi dan target komunikasinya adalah mahasiswa karena banyak aktivitasnya yang dekat dengan produk kertas.

“Pertama-tama saya analisa problemnya, lalu solusinya, selanjutnya merancang strategi komunikasinya. Saya membuat strategi komunikasi dalam bentuk campaign berjudul Suksesmu Kebanggaanmu., saya pikir PaperOne perlu melakukan pendekatan pada mahasiswa karena produk PaperOne yang mengantarkan mahasiswa sampai kesuksesan yaitu sebuah kelulusan.”

Trimanah memuji kinerja mahasiswanya tersebut dan mengharapkan mahasiswa Fikom Unissula terus bisa mengikuti dan  menjuarai kompetisi nasional maupun internasional. “Di era cyber seperti sekarang ini mereka mereka yang berjiwa kreatif dan pandai memanfaatkan peluang akan bisa bisa sukses. Dan salah satu hal yang kita tekankan di Fikom Unissula adalah mengkader calon calon generasi kreatif dan memberikan manfaat untuk kebaikan bersama”

Related News