Menu 

Terakreditasi B Psikologi Unissula Siap Hadapi Tantangan Kerja

Tuesday, December 31st, 2013 | Dilihat : 1344 kali

21213

Tantangan dunia psikologi dewasa ini semakin kompleks dan mengharuskan  fakultas psikologi  mempersiapkan standar pendidikan yang baik. Demikian ungkap Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Unissula, Ruseno Arjanggi MPsi (2/12). Ruseno melanjutkan standar pendidikan psikologi yang baik itu sangat penting karena psikologi akan bekerja pada bidang yang penting pula. Ia juga bersyukur Fakultas Psikologi Unissula tempatnya bekerja saat ini telah terakreditasi B dari BAN PT yang di rilis bulan Agustus 2013 lalu.

Dengan telah terakreditasi B menunjukkan kualitas proses kegiatan belajar mengajar,  tri darma perguruan tinggi, kerja sama dan pendanaan yang menunjang prodi psikologi Unissula  dinilai baik oleh BAN PT “ Dalam akreditasi ada tujuh standar yang harus dipenuhi visi misi, akan terjiwai  dalam standar standar berikutnya misalnya tata pamong sistem kepemimpinan dan pengelolaannya, kegiatan mahasiswa, sumber daya manusia, kurikulum pembelajaran juga harus memenuhi standar lima yakni, pembiayaan, dan penelitian dan pengabdian masyarakat” ujarnya.

“Dengan akreditasi B  Psikologi Unissula akan lebih mudah dan terpercaya dalam hal rekruitmen calon mahasiswa karena kita punya nilai jual  dan lebih kredibel . Saya harap kedepannya akan lebih banyak dan itu artinya kita juga harus selektif. Karena calon mahasiswa dan masyarakat sekarang lebih melihat kualitas sebagai sesuatu yang penting termasuk akreditasi”.

Ada banyak hal yang Psikologi Unissula tawarkan misalnya standar input mahasiswa, proses pembelajaran dan outputnya sudah sesuai standar Dikti. SDM tenaga pengajar juga memiliki publikasi nasional dan internasional cukup menonjol sehingga dalam berbagai kesempatan kalau mengirim dosen tidak lagi sebagai peserta tapi sebagai pembicara panel.

Tantangan kompleks

Fakultas Psikologi sendiri mengarahkan mahasiswanya mempelajari  menusia  baik kecenderungan yang nampak dan tersirat, pengejawantahannya cukup banyak ada enam bidang dirangkum dalam tiga bidang  yaitu psikologi pendidikan, psikologi psikometri dan psikologi perkembangan, psikologi industri organisasi dan sosial psikologi umum eksperimen dan klinis.

Psikologi pendidikan mengarahkan mahasiswa menjadi konsultan dan pendidikan yang profesional. Sementara psikologi Industri  organisasi mempersiapkan mahasiswa berkerja dan memiliki kecakapan pada bidang di HRD personalia, pengaturan rotasi, analisis jabatan. Psikologi umum ekperimen klinis banyak bekerja di bidang kesehatan seperti rumah sakit.

“Prospek lulusan psikologi cukup baik hal itu seiring tantangan psikologi di masa depan cukup banyak para psikolog yang bekerja untuk kesehatan mental komunitas juga masih sedikit. Saat ini ada banyak pekerjaan sebagai imbas dari misalnya beban berat siswa  menghadapi kurikulum yang kompleks, tren perencanaan karier di dalam perencanaan karir masuh cukup kurang sehingga evaluasi kerja jarang dilakukan  masih banyak perusahaan yang melakukan itu banyak berdasarkan relasi, belum ada standar yang jelas ke depan hal itu akan sangat penting. Selain itu hampir semua departemen dan lowongan kerja CPNS juga membutuhkan lulusan Psikologi”

Related News