Menu 

Unissula Canangkan Cyber Village Di Kendal

Tuesday, December 31st, 2013 | Dilihat : 642 kali

201113c

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap keberadaan komunitas di sekitar kampus, maka Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) memiliki berbagai program kegiatan yang melibatkan mereka. Kegiatan-kegiatan ini selain untuk membina dan memeliara jalinan komunikasi dan sinergi antara perguruan tinggi dan masyarakat, juga menjadi bagian dari tri darma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat.

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Unissula adalah dengan membuat desa binaan dan salah satu desa Binaan Unissula adalah desa Rowosari Kecamatan Rowosari Kendal (17/11). Di desa ini dosen-dosen Unissula yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi membuat kegiatan pembinaan untuk warga desa, mulai dari pembinaan kesehatan, ekonomi, Teknologi Informasi Komunikasi, dan lain-lain.

Dalam kegiatan yang dihadiri Muspida Kendal,  Rektor Unissula Prof Dr Laode M Kamaluddin melakukan pencanangan  desa mitra berbasis informasi atau “Cyber Village”. Dengan dicanangkannya desa Rowosari sebagai “Cyber Village” maka dengan sendirinya desa ini sudah membuka diri untuk bisa melihat dan dilihat dunia internasional. Sebagai desa mitra berbasis informasi maka Rowosari sekarang sudah memiliki website sendiri yang sistem dan aplikasinya dibuatkan oleh Unissula yaitu www.cybervillage.unissula.ac.id/rowosari. Website ini  nantinya bisa dijadikan sebagai wajah desa Rowosari di dunia maya yang bisa dilihat dan dikenal tidak hanya oleh masyarakat Kendal dan Jawa Tengah saja, tetapi juga bisa dilihat dan dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia, imbuh Laode.

Potensi ekonomi yang ada di desa ini akan digali oleh dosen-dosen Fakultas Ekonomi untuk kemudian bisa dikembangkan sembari terus dilakukan pendampingan. Untuk membantu mengemas penyampaian pesan promosi dan komunikasi akan dibantu oleh dosen-dosen Fakultas Ilmu Komunikasi. Dan Fakultas Teknologi Informasi akan membantu pendampingan di bidang pemanfaatan teknologi informasi.

Staf Ahli Bidang Pembangunan Kabupaten Kendal Drs Suparjan MSi,  dalam sambutan mewakili Bupati menyatakan, “Pencanangan cyber village ini merupakan bagian pendukung yang tak terpisahkan dari program pemerintah daerah Kendal. Ini menjadi turunan dari penetapan Kendal sebagai satu dari 5 daerah di Jawa Tengah yang sudah  berhasil memiliki SID (Sisitem Informasi Daerah) di bawah arahan BPPT”.  Dengan  adanya website ini diharapkan warga desa Rowosari bisa termotivasi untuk bekerja lebih giat, produktif, kreatif dan komunikatif. Website ini bisa dijadikan sebagai sarana promosi produk-produk unggulan desa. Suparjan juga meminta agar peran Unissula tidak berhenti sampai disini, tetapi bisa  terus memfasilitasi desa Rowosari dalam melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan pemanfaatan website ini.

Dalam kesempatan pencanangan cyber village juga dilakukan pemeriksaan gratis di dukuh Tegalrejo yang melibatkan dosen-dosen Fakultas Kedokteran, Kedokteran  Gigi, dan Fakultas Psikologi.  Selain itu ada pula seminar “Menuju Hidup Sehat dan Produktif” di balai dewa Rowosari, seminar “membangun pendidikan berkarakter” di pendopo Kecamatan Rowosari, dan seminar “Entrepreneur & Kewirausahaan Muda” dan Bazar Ekonomi yang diisi oleh Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Komunikasi di dukuh Tegalrejo.

Gambar: Rektor Unissula Prof Dr Laode M Kamaluddin memukul gong pencanangan Cyber Village di desa Rowosari Kab Kendal disaksikan Staf Ahli Bidang Pembangunan Kabupaten Kendal Drs Suparjan MSi (kiri)

Related News