Menu 

Dikti Monitor Penelitian Unissula dan PTS Semarang

Tuesday, December 31st, 2013 | Dilihat : 435 kali

141113a

Lembaga Penelitian dan Pengembangan  (LPP) Unissula mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) penelitian desentralisasi, stranas, MP3I di   Fakultas Ekonomi Unissula (13/11).  Kepala LPP, Dr Suryani Alifah MT mengatakan kegiatan monev ini merupakan salah satu kegiatan program penelitian dari Dit Litabmas Dikti dan  digunakan untuk menilai kualitas penelitian, untuk mengetahui kemajuan penelitian, dan sejauh mana program penguasan penelitian dari Dikti sudah dilaksanakan serta  penerapan anggaran yang sudah dikeluarkan oleh peneliti.

Lebih lanjut Suryani mengharapkan dengan kegiatan ini bisa diketahui sejauh mana realitas program penelitian itu dilaksanakan dan berharap sudah mencapai maksimum 70%. Selain itu kegiatan ini dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan pelaporan dan mengacu pada mekanisme atau aturan yang berlaku.

Kegiatan ini dihadiri oleh 78 peserta penelitian dengan menghadirkan pembiacara dari Dikti Dr Muhammad Ilham. Dalam penjelasannya Ia mengatakan  monev sangat penting untuk mengetahui realitas program penelitian sehingga dapat diketahui kendala-kendala dalam pelaksanaan kegiatan serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kegiatan ini akan memonitoring dan mengevaluasi 78 judul penelitian. Ada 52 judul penelitian dari Unissula yang terdiri dari 47 penelitian desentralisasi dan 5 judul untuk kompetitif nasional sedangkan sisanya berasal dari 5 universitas swasta lain yaitu USM Semarang, Undaris Ungaran, STIE Pena Semarang, Stikes Ngudi Waluyo dan Akper Ngudi Waluyo Ungaran.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing peneliti dengan penelitian yang telah dilaksanakan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penelitian tersebut selama dua hari.

Related News