Menu 

Launching buku “Catatan Perindu Kebangkitan Islam“

Tuesday, December 31st, 2013 | Dilihat : 455 kali

71113

Unissula menggelar launching buku “Catatan Perindu Kebangkitan Islam“ & apresiasi karya intelektual akademisi Unissula (7/11). Acara ini merupakan pembuka gebyar muharram 1435 H dari beberapa agenda lainnya. Bertempat di perpustakaan Unissula lantai dua kegiatan ini di hadiri oleh pejabat teras dan 250 mahasiswa Unissula.

Sebagai pembuka acara Wakil Rektor 1, Dr Ghoffar Shidiq menyampaikan “Wahyu yang pertama diturunkan Allah adalah manusia diperintahkan untuk membaca, tapi pada dasarnya bukan hanya sekedar membaca tapi juga menciptakan sebuah karya atau tulisan”. Dr Ghoffar juga menghimbau kepada mahasiswa untuk terus berkarya, atau menuangkan ide-idenya dalam bentuk tulisan yang mana dari kumpulan tulisan tersebut akan berbentuk sebuah karya dan bisa di jadikan sebuah buku.

Catatan Perindu Kebangkitan Islam merupakan buku yang berisi tentang kisah perjalanan mahasiswa Unissula dalam upaya membangunkan spirit anak muda Islam untuk ikut andil berkontribusi dalam upaya kebangkitan Islam, sebagai hasil dari pergulatan pemikiran dalam memaknai jamannya. Buku ini di gagas oleh Ahmad Mujib El-Shirazy serta para mahasiswa dan alumni unissula, diantaranya adalah Andi Noor Faradiba Syarifin, Ari Sentani, Arfiyanti Nailul Hikmah, Ibnu Mufti El-Amiry, Ifan Rikhza Auladi, Imam Aulia Yuniar, Marlis Herni Afridah, Moh Arif Raziqy, Nike Ardina, dan Taufiq Islamil.

Menurut A. Mujib El-Shirazy alasan membuat buku “Catatan Perindu Kebangkitan Islam” adalah karena dirinya terenyuh melihat para mahasiswa Unissula yang dengan kesungguhan hati belajar hingga luar negeri.

Selain itu dalam upaya memantik produktifitas berkarya bagi kalangan intelektual muslim di lingkungan Unissula, maka Unissula akan memberikan apresiasi terhadap buku yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen dengan cara membedah dan mengangkat buku-buku tersebut dalam diskusi terbuka. Dari sekian banyak buku yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen, maka dipilihlah 10 buku-buku populer (bukan buku ajar)  yang terbit sejak tahun 2011 – 2013.

Adapun karya-karya dosen yang terpilih untuk dibedah adalah: Matahari Kehidupan: Biografi H Sulchan (salah satu pendiri Unissula), Kangge Gesang Kulo Ingkang Kaping Kalih karya Drs. A. Kodim Susena. Buku Bimbingan Konseling Islami Karya Prof. Abdul Choliq Dahlan MAg,  EtikaBisnis Islam karya Prof. Wuryanti, Perumahan dan Pemukiman di Perkotaan karya Ir Agung Ridho MT, Pengelolaan Sumber Daya Ekonomi karya Dr. Didiek A Supadie, Rasulullah Bisnis School karya Prof. Laode Masihu Kamaluddin, Cyber Law karya Dr. Mustaghfirin dan Stigma Media dan Terorisme karya Mubarak, M. I. Kom dan Muna Mudrah, MA. Sedangkan buku karya mahasiswa yang diangkat adalah Islam Digital Karya Akhyar Sadad (mahasiswa FTI) dan  Nike Ardina (mahasiswa Fikom).

Related News