Menu 

Peringati Muharram Unissula Anugerahi Award Kepada Buya Hamka

Tuesday, December 31st, 2013 | Dilihat : 307 kali

51113

Menjelang dihelatnya peristiwa akbar tahunan yakni Gebyar Muharram 1435 H sekaligus memperingati 51 Tahun UNISSULA, berbagai persiapan pun dilakukan. Dengan tema “Kontribusi UNISSULA Terhadap Pengembangan Peradaban Islam Indonesia” diharapkan dapat mendorong kembalinya peradaban Islam yang kini mulai terkikis oleh peradaban Barat. Sedianya berbagai kegiatan akan dilaksanakan secara berturut-turut pada 7-9 November 2013 mendatang.

Sebagai acara pembuka, akan ada Launching buku “Catatan Perindu Kebangkitan Islam” yang merupakan kumpulan tulisan motivasi para mahasiswa dan alumni UNISSULA yang berhasil menapakkan diri di Luar Negeri dengan tetap mengedepankan semangat keIslaman.

“Walaupun satu-satunya mahasiswa Indonesia yang  tidak memiliki sertifikat DEFL (Sertifikat Bahasa Prancis Tingkat Dasar),  saya tetap bisa kuliah S2 di Prancis dan akhirnya lulus kurang dari 2 tahun. Di buku ini saya akan berbagi cerita tentang bagaimana nekadnya saya sehingga bisa melanjutkan studi kuliah S2 di Perancis  dengan Beasiswa Unggulan dari Dikti , dan bagaimana suka duka selama berada di sana.”ungkap Ari Sentani, salah satu penulis yang merupakan alumni Fakultas Teknik UNISSULA

Di hari yang sama dengan Launching Buku,  UNISSULA juga akan menyelenggarakan apresiasi karya intelektual akademisi UNISSULA dengan membedah karya para mahasiswa dan dosen dari pagi hingga menjelang dini hari bertempat di Cyber Library.

Seminar “Kontribusi Hamka terhadap Pengembangan dakwah dan Pemikiran Islam Indonesia” juga menjadi rangkaian kegiatan Gebyar Muharram yang bisa diikuti oleh civitas akademika. Hadir sebagai narasumber yaitu Irfan Hamka, Triyanto Triwikromo, dan Fachri Ali. Tidak hanya itu, akan diselenggarakan jugaParade Film Islami yang berisi diskusi dan apresiasi terhadap tiga film anak bangsa yaitu Di Bawah Lindungan Ka’bah, Sang Pencerah, dan Sang Kyai

Tanpa mengurangi tradisi yang selalu ada di kampus dengan positioning World Class Islamic Cyber University ini, khataman Al-Qur’an juga diselenggarakan dan disempurnakan dengan renungan malam atas refleksi Muharram dan 51 tahun UNISSULA.

Sebagai acara puncak yakni Rapat SenatTerbuka dan Penganugerahan BudAi Award yang rencananya diselenggarakan hari Sabtu mendatang (9/11). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang memberikan penghargaan terhadap kiprah alumni, tahun ini BudAi Award akan diberikan kepada Ulama besar sekaligus Budayawan yakni Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Buya Hamka atas kontribusinya terhadap pengembangan dakwah dan pemikiran Islam Indonesia. Selain itu akan ada penganugerahan kepada Gubernur, para Bupati dan Wali Kota Sulawesi Tenggara serta Ambassador Cerdas Sultraku sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih terhadap kontribusi mereka di bidang pendidikan.

Related News