Menu 

Unissula Fasilitasi Mahasiswa Nusantara Belajar Bisnis Konservasi Lingkungan

Monday, September 25th, 2023 | Dilihat : 59 kali

WhatsApp Image 2023-09-25 at 16.50.24

Rombongan mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka 3 (PMM3) Unissula melakukan kegiatan kunjungan ke Desa Wisata bisnis konservasi lingkungan di dusun Sukodono desa Kebumen Banyubiru Kabupaten Semarang pada (23/9/2023).  Acara tersebut ddikuti 29 mahasiswa dari berbagai daerah dari Aceh hingga Papua.

Maya Indriastuti SE MSi Ak dosen pengampu program modul nusantara menyampaikan kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari 16 modul nusantara yang telah direncanakan oleh Unissula.

Pengelola desa wisata, Iwan Budiono menyampaikan kegiatan desa wisata bisnis ini merupakan pengembangan dari kegiatan sociopreneur untuk mengatasi permasalahan sampah di desa. Caranya dengan pendekatan bisnis sehingga mendatangkan profit atau keuntungan serta benefit atau kemanfaatan yang semakin meluas. Dampak positifnya mampu meningkatkan partisipasi masyarakat yang tinggal berdekatan kawasan satelit/penyangga Rawa Pening dalam mengelola kelestarian ekosistem Rawa Pening.

Sampah itu bukanlah musuh kita, maka jangan dijauhi. Sampah merupakan hasil sisa kegiatan hidup manusia maka sampah merupakan bagian dari hidup kita yang membutuhkan cara bijak untuk mengelolanya.

Dalam kegiatan ini ada lima program yang diselenggarakan diantara budidaya maggot sebagai pakan ayam, lele dan bebek. Pemanfaatan limbah maggot untuk tanaman buah/sayur/obat dalam pot. Praktek menanam anggur. Pengolahan sampah rumah tangga dengan Komposter maggot dan Budikamber , dan berlatih mengelola sampah dengan aplikasi android. Kunjungan ke Kerajinan enceng gondok. Kunjungan ke peternakan bebek petelur dan pedaging organik berbasis pakan maggot.

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M)  Unissula Dr Mochamad Abdul Basir SPd MPd. Hadir pula Anang Putranto ST, dan Andi Riansyah ST MKom.

 

Related News