Menu 

Tujuh Pilar Bekal Mahasiswa Unissula Berkontribusi di Masyarakat

Friday, September 15th, 2023 | Dilihat : 45 kali

(15) Pembekalan Wisuda

Sebanyak 1851 wisudawan Unissula mengikuti pembekalan secara luring di Auditorium Unissula, Jum’at (15/09/2023). Wakil Rektor I Unissula Dr Andre Sugiyono mengungkap pembekalan sebagai kesempatan terakhir Unissula untuk memberikan refreshing kepada mahasiswa. “Rekan-rekan semua yang telah dinyatakan lulus tidak boleh melupakan bahwa anda semua adalah lulusan terbaik yang dihasilkan Unissula yang merupakan bagian dari generasi khaira ummah (generasi terbaik) haruslah memberikan banyak manfaat untuk umat manusia,” ungkapnya.

Selanjutnya Dr  Rozihan SH MAg menyampaikan tujuh bekal kepada wisudawan sebelum terjun langsung di masyarakat. Pertama adalah taqwa. “Taqwa yaitu membahagiakan orang lain, terutama adalah orangtua sebagai wujud dari nilai birrul walidain (berbakti kepada orang tua),” ungkapnya.

Nilai kedua adalah membuat kebiasaan yang baik. Karena seseorang akan meninggal sebagaimana kebiasaannya. Selanjutnya adalah memiliki ilmu. “Orang yang tidak memiliki ilmu akan terlantar. Sehingga dalam hidup tidak hanya butuh iman. Iman yang akan membentuk orang baik, tapi jika tidak mempunyai ilmu tidak bisa bekerja,” ungkapnya.

Nilai keempat adalah bersyukur dan tidak mengeluh. “Mulai dengan mensyukuri yang sedikit, karena yang tidak bisa bersyukur ketika dapat sedikit dia tidak bisa bersyukur ketika mendapatkan banyak,” jelasnya.

Selanjutnya adalah sabar, yaitu berusaha terus menerus dan tidak menyerah. Keenam adah zuhud (seimbang). “Yang terakhir adalah tawakkal, yaitu menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Related News